BANNER KPU
HONDA

Nyaris Punah, Ini 5 Fakta Tentang Kucing Bakau Asal Indonesia, Tubuhnya Mirip Macan Tutul

Nyaris Punah, Ini 5 Fakta Tentang Kucing Bakau Asal Indonesia, Tubuhnya Mirip Macan Tutul

Nyaris Punah, Ini 5 Fakta Tentang Kucing Bakau Asal Indonesia, Tubuhnya Mirip Macan Tutul --Foto Layar tangkap Youtube X Science

BACA JUGA:7 Cara Mudah Merawat Mobil Diesel, Ketahui Juga Perbedaan Mobil Diesel dengan Mobil Bensin

Kucing bakau tergolong memiliki ukuran tubuh terbesar dari genus Prionailurus. Keberadaannya tersebar mulai dari timur Pakistan, India, Nepal, Bangladesh, Sri Lanka, Vietnam, Thailand, Laos, Malaysia sampai Indonesia. 

Khusus di Indonesia, kucing bakau tercatat menghuni pesisir pantai Jawa dan Sumatera, meski belum ada penelitian lebih lanjut terkait jumlah pasti kucing ini di alam liar.

BACA JUGA:Benarkah Menggunakan Kontak Lensa Menyebabkan Mata Belekan? Kenali 8 Penyebab Mata Belekan

 

2. Corak Tubuhnya Seperti Macan Tutul

Fakta menarik lainnya yang kamu perlu tahu, kucing bakau memiliki panjang tubuh mencapai 57-78 cm dengan ekor berukuruan 20-30 cm. 

Tergolong besar, sebab berat kucing bakau bisa mencapai 16 kg. Kemudian mudah dikenali sebab coraknya yang khas, berupa warna putih pada bagian bawah tubuh, corak hitam pada belakang telinga dan bintik putih-hitam yang membentuk pada seluruh bagian tubuhnya.

BACA JUGA:2 Warga Kaur Selatan Ditangkap, Ada Dugaan Kepemilikan Narkoba

Menariknya kucing bakau juga memiliki jenis kaki webbed dengan sedikit berselaput seperti macan tutul untuk memudahkan mobilitas mereka ketika berenang.

 

3. Umurnya Bisa Mencapai Sepuluh Tahun

Sama seperti kucing pada umumnya, kucing bakau juga mampu bereproduksi sepanjang tahun dan biasanya membangun sarang pada area semak-semak dan alang-alang guna melindungi anaknya dari predator. 

BACA JUGA:10 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Mencegah Flu Hingga Risiko Serangan Kanker

Kucing bakau biasanya akan melahirkan 2-3 anak pada usia kehamilan 2-3 bulan. Anak-anak kucing bakau baru mulai aktif bergeak pada usia 1 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: