HONDA

Astra Jaring Anak Muda Inspiratif Bangsa Lewat 14th SATU Indonesia Awards 2023

Astra Jaring Anak Muda Inspiratif Bangsa Lewat 14th SATU Indonesia Awards 2023

Lewat 14th SATU Indonesia Awards 2023, Astra jaring anak muda inspiratif bangsa.--dokumen/rakyatbengkulu.com

MATARAM, RAKYATBENGKULU.COM - Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards ke-14 tahun 2023, terus melakukan penjaringan anak muda inspiratif bangsa.

Kali ini Astra hadir di Mataram, Nusa Tenggara Barat pada hari Jumat, 28 Juli 2023, melalui Bincang Inspiratif bertema “Kontribusi Nyata Untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia”.

Di hadapan ratusan anak muda yang menghadiri acara tersebut, Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2017 Tingkat Provinsi, Nur Rahmi Yanti, berbagi cerita tentang upayanya dalam mengangkat produk sorghum NTB serta memotivasi anak muda untuk berperan serta dalam kemajuan bangsa.

“Saya percaya ada banyak sosok pemuda di luar sana, khususnya di NTB, yang melakukan hal bermanfaat bagi sekitarnya. Kunci utamanya adalah jangan ragu dalam berbuat hal yang berdampak baik bagi sekitar dan konsisten dalam mengerjakan kegiatan positif apa pun yang dilakukan,” tegas Yanti.

BACA JUGA:Astra Melakukan Investasi Signifikan di Halodoc Hingga US$100 Juta

Kisah Yanti dalam mengangkat sorghum dimulai dari kepeduliannya terhadap petani sorghum di Lombok yang hanya menjadikan sorghum sebagai pakan ternak.

Pada tahun 2017, ia membina sepuluh orang petani sorghum dalam hulu dan hilirisasi secara korporatif dengan produk awal yaitu tepung beras.

Melalui pengembangan bisnisnya, hingga kini Yanti telah membina 1.000 petani sorghum yang tersebar di desa-desa di empat kabupaten di NTB dengan produk-produk yang lebih variatif dan bernilai ekonomis seperti gula cair batang sorghum, kue kering, mie instan, susu, keju vegan, tempe, hingga madu yang terbuat dari sorghum.

Sejak dibina oleh Yanti, pendapatan para petani meningkat signifikan. Saat ini, pendapatan rata-rata para petani yang dibina mencapai Rp1,5 juta per orang naik dari sebelumnya hanya sekitar Rp500 ribu per bulan.

BACA JUGA:Astra dan Kompas Gramedia Menyelenggarakan Pameran Seni Rupa dan Teknologi Digital RE-IDENTIFY

Tahun 2017, Yanti mendapat kesempatan meraih apresiasi SATU Indonesia Awards 2017 Tingkat Provinsi dari Astra.

Selain itu, kolaborasi dilakukan dengan Astra dalam membangun Desa Sejahtera Astra (DSA) Sorghum Lombok sejak tahun 2018.

Melalui program DSA, Yanti memulai dengan dua desa di Kabupaten Lombok Tengah dan terus memperluas DSA Sorghum Lombok sampai saat ini dengan total 22 desa dengan garapan lahan sorghum bersama petani sekitar 500 Ha.

Berbagai penghargaan telah diraih oleh DSA Sorghum Lombok seperti KBA & DSA Innovation dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: