HONDA

5 Tradisi Menyambut Ramadhan di Berbagai Daerah, Salah Satunya Ziarah ke Makam Keluarga

5 Tradisi Menyambut Ramadhan di Berbagai Daerah, Salah Satunya Ziarah ke Makam Keluarga

5 Tradisi Menyambut Ramadhan Di Berbagai Daerah, Salah Satunya Ziarah Ke Makam Keluarga--Instagram/genpiindonesia

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Ramadhan adalah bulan yang sangat suci oleh umat Islam karena selalu ada tradisi yang unik dari berbagai daerah yang hanya di bulan puasa ini adanya.

Ini 5 tradisi menyambut Ramadhan di berbagai daerah, salah satunya ziarah ke makam keluarga yang sudah terlebih dahulu meninggal dunia sehingga menjadi turun temurun dilakukan.

Masyarakat Indonesia terkenal sekali dengan keanekaragaman budayanya, sehingga banyak sekali tradisi yang dilakukan oleh umat Islam yang unik untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Di berbagai daerah banyak sekali budaya dan tradisi untuk menyambut bulan puasa yang beraneka ragam bentuk dan kegiatannya, diantaranya dengan ziarah ke makam keluarga yang sudah meninggal dunia.

BACA JUGA:5 Tradisi Ramadhan yang Dirindukan, Ngabuburit Hingga Tadarusan di Masjid

Ini entuk dari peleburan budaya dan ajaran Agama Islam yang secara turun temurun dilakukan atas dasar tradisi yang melekat dan terdoktrin di kehidupan masyarakat Islam pada umumnya. 

Berikut 5 tradisi menyambut datangnya bulan Ramadhan di berbagai daerah di Indonesia, apa saja itu? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Nyadran (ziarah ke Makam)

Nyadran merupakan kegiatan berkirim doa kepada keluarga, leluhur, sepupu yang sudah mendahului kita dengan berziarah ke makam dengan membersihkan kuburannya dan melakukan doa bersama.

Masyarakat Jawa seperti DI Yogyakarta, Jawa Timur dan Jawa Tengah menyebutnya dengan Nyadran.

BACA JUGA:Padusan, Tradisi Mensucikan Diri Menyambut Bulan Ramadhan di Jawa Tengah

Di berbagai tempat dilakukan kerja bakti seminggu sebelum Ramadhan tiba untuk membersihkan makam.

2. Kenduri (Slametan)

Biasanya seminggu sebelum Ramadhan masyarakat berkumpul di bale desa, langgar atau rumah sepuh untuk melakukan kenduri atau slametan sebelum Ramadhan tiba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"