HONDA

Diikuti 126 Pelajar, Rebut 30 Kuota Paskibraka Kabupaten Kaur

Diikuti 126 Pelajar, Rebut 30 Kuota Paskibraka Kabupaten Kaur

Sebanyak 126 pelajar mengikuti seleksi, memperebutkan 30 kuota Paskibraka Kabupaten Kaur.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pendaftaran Paskibraka telah dibuka pada beberapa waktu yang lalu. Pada Kamis, 29 Februari 2024 Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) resmi memulai proses seleksi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Agustus 2024 nanti.

Proses seleksi ini diikuti sebanyak 126 pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dan memperebutkan 30 kuota Paskibraka. 

Diketahui para pelajar yang terdaftar untuk mengikuti seleksi ini merupakan mereka yang sudah melakukan pendaftaran secara online dan memenuhi kriteria sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak Kesbangpol sebelumnya.

"Pada Kamis kemarin, kita telah memulai melakukan seleksi, yang mengikuti lumayan banyak total ada 126 pelajar SMA sederajat," ungkap Kepala Kesbagpol Kaur Diraswan M.SI Jumat, 1 Maret 2024 dikutip dari KORANRB.ID.

BACA JUGA:Buruan! Pendaftaran Calon Paskibraka Kota Bengkulu Dibuka, Cek Persyaratannya

Selanjutnya dijelaskan Diraswan, dari sebanyak 126 pelajar yang sudah melakukan pendaftaran tersebut, ada sebanyak 58 orang pelajar perempuan dan laki-laki 68 orang.

Untuk proses seleksi ini melibatkan para juri mulai dari TNI, Polri dan juga Purna Paskibraka yang sudah berpengalaman dalam menyeleksi para anggota Paskibraka. 

"Peserta nantinya akan melewati beberapa proses tahapan seleksi yang cukup panjang, yang tentunya akan diarahkan oleh para juri yang menyelenggarakan," ujar Diraswan.

Selain itu dijelaskan juga, seleksi Paskibra ini dari berbagai Sekolah Menengah Atas yang ada di Kabupaten Kaur yang dilakukan secara online secara Computer Assisted Test atau CAT melalui hp siswa yang bersangkutan yang diikuti sebanyak 126 orang siswa.

BACA JUGA:Ingin Daftar Paskibraka Tahun 2024? Ini Dia Persyaratan Terbarunya!

“Untuk hari pertama kemarin baru tahapan seleksi CAT dan hari ini (kemarin red)  tes kesehatan untuk para peserta," ujarnya.

Seleksi yang akan diikuti oleh para peserta di antaranya tes kesehatan yang meliputi tinggi badan, berat badan, mata, gigi,  dan postur badan.

Kemudian dilanjutkan dengan tes jasmani meliputi lari, push up, sit up, shutter run dan diakhiri dengan wawancara.

Dijelaskan juga, dalam seleksi ini dilaksanakan sesuai aturan tanpa ada diskriminasi. Siapapun bisa terpilih nantinya menjadi Paskibra mampu membuktikan diri memiliki kualitas terbaik dari peserta lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"