HONDA

Rusak Berat Akibat Erosi Pascabanjir, Jalan Pemprov Bengkulu Harus Segera Ditangani

Rusak Berat Akibat Erosi Pascabanjir, Jalan Pemprov Bengkulu Harus Segera Ditangani

Jalan Pemprov Bengkulu diminta harus segera ditangani lantaran rusak berat akibat erosi pascabanjir.--dokumen/rakyatbengkulu.com

MUKOMUKO, RAKYATBENGKULU.COM - Sejumlah ruas jalan di Kabupaten MUKOMUKO yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu minim perhatian instansi terkait.

Walaupun sudah berulang kali dilaporkan berkaitan dengan jalan yang terancam longsor karena erosi, tetapi tidak juga kunjung mendapat penanganan.

Adapun jalan Pemprov Bengkulu yang berada di Desa Resno Kecamatan V Koto yang rusak berat karena erosi pascabanjir pada tahun 2023 lalu.

Sampai kini belum juga ada kepastian kapan jalan tersebut akan dilakukan perbaikan.

Diungkapkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko, Apriansyah ST, MT, kondisi jalan tersebut pada saat ini semakin parah.

BACA JUGA:21 Peserta Seleksi JPTP Jabatan Eselon II Pemkab Mukomuko Tinggal Tunggu Pengumuman Hasil

“Setelah kami lakukan pengecekan di lapangan, ancaman longsor di jalan itu berawal dari banjir yang meluap, dari pembuangan luapan air di belakang desa menuju Sungai Manjunto, Berhubung dengan kejadian tersebut kami telah menyampaikan kepada dinas teknis terkait di provinsi,” Ujar Apriansyah yang dikutip dari KORANRB.ID, Kamis, 7 Maret 2024.

Diketahui luapan air tersebut mengakibatkan badan jalan terus tergerus sepanjang 50 meter, sehingga jalan terancam longsor.

Karena gorong-gorong besar yang menjadi saluran pembuangan tersumbat oleh tumpukan sampah.

Hal ini dikarenkan kurangnya kesadaran masyarakat yang membuang sampah rumah tangga sembarangan, sehingga menumpuk di mulut gorong-gorong bercampur ranting kayu dan juga pelepah kelapa sawit.

“Karena minimnya perawatan menjadi dasarnya, sehingga membuat saluran air tidak berfungsi dan otomatis air mengikis badan jalan. Kalau tidak segera diperbaiki, bisa saja jalan ini tidak bisa dilalui dikarenakan longsor yang semakin parah,” ujar Apriansyah.

BACA JUGA:Pendaftaran Magang ke Jepang Gratis Bagi Lulusan S1, SMA dan SMK untuk warga Mukomuko Dibuka, Buruan Daftar!

Berdasarkan dari pengecekan di lapangan, yang hasilnya sudah dilaporkan oleh PUPR Mukomuko ke Pemprov Bengkulu, diharapkan menjadi masukan untuk memastikan jalan tesebut akan dilakukan penanganan segera supaya kondisinya tidak semakin parah.

Apalagi ketika musim hujan, kerusakan semakin cepat dan jalan terancam betul-betul longsor dan putus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"