HONDA

Waspada Banjir! Bengkulu Berpotensi Hujan Lebat, Ini Penjelasan BMKG

Waspada Banjir! Bengkulu Berpotensi Hujan Lebat, Ini Penjelasan BMKG

Waspada Banjir! Bengkulu Berpotensi Dilanda Hujan Lebat 5 Hari Kedepan, Ini Penjelasan BMKG--Instagram/info_bmkg_bengkulu

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Waspada banjir, BENGKULU berpotensi dilanda hujan lebat seminggu mendatang, ini penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Hingga 14 Maret 2024 menjelang Ramadhan, berdasarkan rilis yang dikeluarkan BMKG disebutkan jika potensi hujan sedang dan lebat dapat terjadi di sejumlah wilayah Provinsi Bengkulu.

Bukan hanya hujan lebat, namun diprediksi dibarengi dengan intensitas cuaca yang disertai kilat dan angin kencang.

Sejumlah daerah di Indonesia juga mengalami hal sama meliputi wilayah Sumatera, kemudian Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua.

BACA JUGA:BMKG Prediksi Bengkulu Akan Berpotensi Hujan Lebat Selama 5 Hari ke Depan

Deputi Bidang Meteorologi BMKG RI, Guswanto, M.Si menyebutkan bakal terjadinya potensi banjir di wilayah pesisir, salah satunya Bengkulu.

Untuk itu harus waspada banjir. Kemungkinan banjir ini disebabkan adanya fenomena Super New Moon atau fase Bulan Baru yang bersamaan dengan jarak terdekat bulan ke Bumi, diperkirakan akan terjadi sampai 10 Maret 2024.

Kejadian tersebut berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut secara maksimal, menurut pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob).

Kondisi ini diperkirakan berpotensi terjadi di hampir seluruh wilayah pesisir Indonesia diantaranya Pesisir Sumatera Utara, Pesisir Kepulauan Riau, Pesisir Banten, Pesisir Jawa Tengah, dan Pesisir Jawa Timur.

BACA JUGA:Fenomena Cuaca Panas Kembali Muncul, Begini Penjelasan BMKG

Diikuti Pesisir Kalimantan Barat, Pesisir Sulawesi Utara dan Pesisir Maluku Utara meskipun potensi banjir rob dapat berbeda waktu hari dan jamnya di tiap wilayah Indonesia.

Tentunya hal ini sangat berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir yang berkehidupan sebagai nelayan.

"BMKG akan terus memantau kondisi cuaca dan perubahannya berdasarkan data dan analisa terkini masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan melakukan langkah-langkah antisipatif", ujarnya dikutip. Koranrb.id

Terhadap peningkatan curah hujan yang berpotensi terjadi dalam seminggu ke depan, maka sejumlah  daerah rawan banjir dan longsor perlu waspada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"