HONDA

8 Cara Terbaik Mengajari Anak Berpuasa Ramadhan, Orang Tua Perlu Tahu

8 Cara Terbaik Mengajari Anak Berpuasa Ramadhan, Orang Tua Perlu Tahu

Cara Terbaik Tentang Mengajari Anak Berpuasa Ramadan--Freepik.com/ freepik

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Terdapat 8 cara terbaik mengajari anak berpuasa Ramadhan, yang bisa dilakukan oleh orang tua.

Anak yang baru mulai berpuasa harus dididik dan diajarkan dengan cara yang benar.

Puasa Ramadhan memang menjadi momen yang penuh berkah dan juga paling ditunggu-tunggu bagi anak-anak, maka diperlukan sarana belajar supaya terbiasa untuk berpuasa ketika sudah memasuki usia remaja. 

Untuk mengajari anak dalam berpuasa sejak dini sangatlah penting dilakukan supaya anak juga dapat beradaptasi dengan puasa di bulan Ramadhan kali ini. 

BACA JUGA:Tak Cuma dengan Menyikat Gigi, Ini 6 Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Pada umumnya, anak-anak akan mengenal puasa di usia antara 3-5 tahun. Dan pada usia tersebut, anak-anak sudah dapat diajak mengikuti makan sahur, berbuka puasa, atau kegiatan lainnya pada bulan suci Ramadhan. 

Bagaimana cara untuk mendidik anak berpuasa Ramadhan? Berikut ini tips-tips untuk mengajari anak-anak ikut puasa sejak kecil, antara lain:

1. Jelaskan Hal-Hal Tentang Berpuasa

Sebelum mulai berpuasa, sebaiknya jelaskan terlebih dahulu kepada anak-anak apa pentingnya puasa di bulan suci Ramadhan, serta bagaimana cara untuk melakukannya. 

Maka, jelaskan dengan analogi dan kalimat yang sederhana sesuai usia anak, supaya ia lebih paham akan makna dan cara berpuasa.

BACA JUGA:5 Inspirasi Menu Sahur Enak Juga Bergizi, Cocok untuk Hari Pertama Puasa

2. Berikan Contoh Kepada Anak

Pada saat anak sudah berusia antara 3-5 tahun, Anda dapat memberikan contoh kepada anak bagaimana cara berpuasa dan menjalankannya. 

Maka ajaklah anak untuk ikut sahur dan berbuka sehingga dapat membuatnya mengenal puasa dari contoh yang telah diberikan orangtuanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: