HONDA

Putus Sekolah, 14 PKBM di Rejang Lebong Menawarkan Solusi

Putus Sekolah, 14 PKBM di Rejang Lebong Menawarkan Solusi

14 PKBM di Rejang Lebong menawarkan solusi bagi siswa putus sekolah.--Badri/rakyatbengkulu.com

CURUP, RAKYATBENGKULU.COM - Bagi masyarakat Rejang Lebong yang mengalami kesulitan dan terpaksa harus putus sekolah karena berbagai alasan, jangan khawatir.

Anda masih memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, telah mengidentifikasi keberadaan 14 PKBM yang bertugas memberikan layanan pendidikan bagi warga yang putus dari pendidikan formal.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rejang Lebong, Hanapi, menjelaskan bahwa warga Rejang Lebong yang terputus dari jalur pendidikan formal memiliki kesempatan untuk memperoleh pengetahuan melalui PKBM atau program pendidikan kesetaraan untuk tingkat SD, SMP, dan SMA.

BACA JUGA:Tahun Ini, 111 Pegawai ASN di Rejang Lebong Akan Memasuki Masa Pensiun

"Hingga saat ini, ada 14 PKBM yang terdaftar di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Masyarakat yang terputus sekolah dapat melanjutkan pendidikan non-formal di PKBM terdekat," ujar Hanapi.

Hanapi juga menjelaskan bahwa peserta yang mengikuti pembelajaran di PKBM akan memperoleh ijazah yang diakui, yang dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikan atau mencari pekerjaan.

"Para peserta dapat melanjutkan pendidikan kesetaraan mulai dari tingkat SD (Paket A), SMP (Paket B), hingga SMA (Paket C). Pemerintah Pusat juga memberikan bantuan operasional penyelenggara (BOP) kepada peserta yang berusia di bawah 24 tahun," tambah Hanapi.

BACA JUGA:Sengketa Pilkades Kampung Jeruk Rejang Lebong Berlanjut, Aksi Damai Hingga Rencana Uji Materi Keputusan PTUN

Sementara itu, peserta yang berusia di atas 24 tahun akan dikenakan biaya pendidikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sistem pembelajaran di PKBM mengikuti pola pembelajaran sekolah reguler, dan penerimaan siswa baru dilakukan bersamaan dengan jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sekolah umum pada awal tahun ajaran baru.

"Warga yang berminat untuk melanjutkan pendidikan dapat mendaftar di salah satu PKBM, seperti Bina Mandiri, Cahaya Bintang Ilmu, Pelita Abadi, Wijaya Kusuma, Mitra Jaya, Mata Hati, Ratu Rafa, Kenanga, Bina Sejahtera, Literasi Qurani, Mekar Sari, Al-Jabar, Pat Petulai, dan SKB Rejang Lebong," ungkap Hanapi.

Dengan adanya PKBM ini, pendidikan menjadi lebih inklusif dan memberikan kesempatan bagi seluruh masyarakat Rejang Lebong untuk mengembangkan potensi mereka tanpa terhalang oleh berbagai kendala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"