HONDA

Lempuk Durian, Kuliner Khas Bengkulu yang Setia Menemani di Hari Lebaran

Lempuk Durian, Kuliner Khas Bengkulu yang Setia Menemani di Hari Lebaran

Lempuk Durian Kuliner Khas Bengkulu Setia Menemani Disaat Lebaran Nanti--instagram/dorian.idn

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Lempuk Durian, kuliner khas BENGKULU yang setia menemani di saat hari Lebaran nanti.

Lempuk Durian ini adalah salah satu makanan yang sangat dinikmati oleh masyarakat Bengkulu yang memiliki hasil bumi buah durian berlimpah.

Lempok Durian dalam bahasa Tionghoa sering disebut Hanzi atau Hakka, bisa juga disebut Liu-lian-pan kalau di daerah lain, bentuknya mirip seperti dodol durian.

Provinsi Bengkulu diperkaya dengan hasil buminya dengan buah durian yang berlimpah, apalagi saat musim durian di berbagai wilayah sebut saja di Bengkulu Utara, Lebong, Bengkulu Selatan dan hampir seluruh wilayah di Bengkulu.

BACA JUGA:Jadi Makanan Khas Lebaran yang Hiasi Toples Masyarakat Bengkulu, Ini Resep Kue Perut Punai

Bengkulu menjadi penghasil buah berduri ini, sehingga pada zaman dahulu nenek moyang orang Bengkulu memanfaatkan kelebihan alam ini untuk dijadikan makanan yang tahan dan awet hingga lama.

Berhubung buah durian sangat rentan sekali terkena bakteri sehingga terciptalah kreasi ini, salah satu jenis lempok yang dibuat dengan bahan daging durian, ada juga tempoyak yang biasa jadi bahan masakan. 

Lempok durian populer sebagai jajanan khas dari beberapa daerah di Indonesia bukan hanya di Bengkulu khususnya dibagian di Sumatra lainnya seperti Jambi, Pekanbaru, Palembang, Bangka Belitung, Lampung.

Berikut daerah Kalimantan diantaranya adalah Pontianak dan Samarinda, sehingga makanan ini menjadi ciri khas yang sedap dan lezat karena daerah-daerah ini memiliki hasil durian yang berlimpah ruah.

BACA JUGA:Kulineran di Semarang Makan Apa Saja? Berikut 5 Makanan Khas yang Bisa Kamu Nikmati

Lempok durian juga dikenal di Malaysia dan Brunei Darussalam karena masih dalam satu rumpun melayu.

Sebagian masyarakat lainnya di daerah Jawa menganggap lempok durian sama dengan dodol, atau galamai di Ranah Minang sehingga selain empuk dan lezat, rasa yang timbulkan manis dan legit persis dodol. 

Tidak ketinggalan juga aroma durian yang ditinggalkan sangat menggugah selera, bagi penikmat durian cukup dengan makan lempuk durian kamu akan kenyang.

Bahan utama untuk membuat lempuk durian asli khas Bengkulu adalah daging full durian yang diolah sedemikian rupa dengan pencampuran bahan gula, khususnya gula merah untuk melegitkan rasanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"