HONDA

Ini 11 Keutamaan Puasa Syawal, Merupakan Penyempurna Puasa Ramadhan, Berpahala Senilai Satu Tahun Berpuasa

Ini 11 Keutamaan Puasa Syawal, Merupakan Penyempurna Puasa Ramadhan, Berpahala Senilai Satu Tahun Berpuasa

Ini 11 Keutamaan Puasa Syawal, Merupakan Penyempurna Puasa Ramadhan, Berpahala Senilai Satu Tahun Berpuasa --Ilustrasi/ana mariyohana/bing image creator/rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Hari ini sebagian umat Muslim mulai melaksanakan puasa Syawal, yang jatuh pada tanggal 2 7 Syawal atau 11 - 16 Hijriyah. 

Puasa Syawal merupakan penyempurna puasa Ramadhan, yang nilai pahalanya setara satu tahun berpuasa. Lebih lengkapnya ini 12 keutamaan puasa Syawal. 

Dikatakan pahala setara puasa setahun karena pahala puasa Ramadhan satu bulan setara dengan 10 bulan puasa, sementara pahala puasa Syawal 6 hari setara dengan 2 bulan puasa. 

BACA JUGA:Kronologi Kecelakaan Maut Beruntun di Seluma Pada Hari Kedua Lebaran, Satu Orang Meninggal Dunia

Bila digabungkan berarti pahala kedua puasa tersebut setara dengan puasa setahun. Penjelasan seperti ini juga sudah disampaikan Rasulullah, SAW. Berikut keutamaan puasa Syawal.

 

1. Penyempurna puasa Ramadhan

Meski namanya puasa sunnah, tapi puasa Syawal bisa menjadi penyempurna ibadah yang wajib. Sama seperti sholat rawatib atau sholat sunnah yang mengiri sholat wajib yang bisa menjadi penyempurna bagi salat fardhu. 

Sama halnya dengan puasa Syawal yang bisa menjadi penyempurna puasa Ramadhan.

BACA JUGA:Hari Lebaran Kedua Pengunjung Pantai Zakat Membludak, Kapolresta Lakukan Ini

 

2. Pahala Puasa Satu Tahun

Al-Qur'an memang menjadi solusi bagi masalah umat di dunia, termasuk kita mengetahui keutamaan ataupun manfaat mengerjakan suatu amalan. 

Salah satunya yang terkandung surat Al-An’am ayat 160 tertuang setiap kita melakukan satu amal ibadah akan dibalas dengan pahala sebanyak sepuluh kali lipatnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: