HONDA

Waspada! BMKG: 27 Provinsi Berpotensi Dilanda Hujan Badai, Termasuk Bengkulu

Waspada! BMKG: 27 Provinsi Berpotensi Dilanda Hujan Badai, Termasuk Bengkulu

Waspada! BMKG: 27 Provinsi Berpotensi Dilanda Hujan Badai, Termasuk Bengkulu--Foto ilustrasi: pexels.com/ Genaro ServĂ­n

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Hujan badai atau Hujan yang dapat disertai petir atau kilat berpotensi terjadi di sejumlah titik pada 27 provinsi di Indonesia, Kamis 18 April 2024.

Hal ini berdasarkan peringatan dini yang diterbitkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Dikutip dari antaranews.com, BMKG mengingatkan masyarakat dari 27 provinsi tersebut termasuk Bengkulu agar mewaspadai kondisi cuaca ekstrem tersebut.

Adapun 27 provinsi di Indonesia yang berpotensi dan diprakirakan akan terjadi hujan yakni Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Bengkulu.

BACA JUGA:5 Mitos Tentang Hujan Panas yang Terjadi di Bumi, Nomor Dua Bawa Keberuntungan

Juga berpotensi terjadi di Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali,

Kemudian Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Kondisi cuaca yang sama menurut BMKG juga diprakirakan akan terjadi pula di Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat.

Sebelumnya, dalam sepekan kedepan yakni mulai Selasa 16 April 2024 hingga 21 April 2024 sejumlah daerah di Indonesia diprediksi akan mengalami cuaca ekstrem.

BACA JUGA:Peringatan BMKG: Waspadai Potensi Hujan Lebat di Bengkulu dan Sejumlah Wilayah Sumatera hingga Jawa

Ini berdasarkan peringatan dini waspada cuaca ekstrem hujan lebat disertai angin kencang yang diterbitkan BMKG untuk  sejumlah daerah di Indonesia.

Bukan cuma prakiraan hujan badai, namun prakiraan angin kencang juga akan terjadi disejumlah daerah, diantaranya Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan.

Sejumlah daerah lain juga masuk kategori hujan lebat dan potensi bahaya banjir, seperti di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur.

Termasuk wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Papua. Hingga meliputi wilayah Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: