HONDA

Berawal Sebagai Bentuk Rasa Syukur, Ternyata Ini Asal Muasal Tari Piring dari Sumatera Barat

Berawal Sebagai Bentuk Rasa Syukur, Ternyata Ini Asal Muasal Tari Piring dari Sumatera Barat

Berawal Sebagai Bentuk Rasa Syukur, Ternyata Ini Asal Muasal Tari Piring dari Sumatera Barat--Instagram/ind.tari

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Tari Piring merupakan tarian yang berasal dari Sumatera Barat atau disebut juga daerah Minangkabau yang sangat terkenal gerakannya.

Ditelisik dari kisahnya pada berabad-abad lalu Tari Piring ini asal muasalnya ialah ritual persembahan kepada para Dewa sebagai bentuk rasa syukur masyarakat tersebut sehingga terhindar dari marabahaya.

Ini merupakan rasa syukur yang dipanjatkan pada nenek moyang orang terdahulu Minangkabau sebelum masuknya agama Islam disana sebagai bentuk terimakasih hasil tanaman yang berlimpah ruah.

Kemudian masyarakat setempat membuat ritual yang dibawakan dalam sesaji yang berbentuk makanan yang diletakkan dalam piring, kemudian sambil melangkah dengan gerakan yang tercipta.

Penari yang menggunakan piring pada kedua sisi tangannya kemudian melakukan gerakan sehingga ternyata ada kesan ritual untuk persembahan kepada para Dewa.

BACA JUGA:Jadi Inspirasi Soundtrack Avatar: The Last Airbender, Ternyata Ini Makna dari Tari Kecak Bali

Kemudian, masuknya agama Islam ke tanah Minangkabau sehingga ditinggalkanlah ritual dalam persembahan untuk para dewa tersebut dan dijadikan tarian untuk acara adat saja seperti perkawinan dan lainnya.

Tari tradisional ini sebenarnya berasal dari Solok Sumatera Barat yang memberikan gerakan atraksi piring dengan cara diayun-ayunkan sedemikian rupa tanpa ada piring yang jatuh atau pecah.

Tentunya penari memiliki keahlian tertentu dalam menggerakan piring, setiap gerakannya seperti silat atau silek orang Minangkabau yang menjadi budaya hingga kini terus dilestarikan.

Dahulunya yang mempopulerkan tarian piring ini adalah Huriah Adam yang sekarang dipertunjukkan dalam penyambutan tamu kehormatan atau pergelaran acara adat lainnya bahkan untuk acara luar negeri.

Tari Piring ini setara dengan Tari Saman yang ada di Nanggroe Aceh Darussalam, Tari Pendet, Tari Jaipong dan macam tari lainnya sehingga sering ditampilkan pada ajang Internasional sebagai bentuk promosi kebudayaan.

BACA JUGA:Ini Dia 4 Tarian Tradisional Asal Indonesia yang Populer di Mata Dunia, Adakah dari Daerahmu?

Indonesia memiliki keanekaragaman budaya dari Sabang hingga Marauke, sehingga prulalisme inilah yang menjadi daya pikat yang luar biasa dapat diandalkan untuk memperkenalkan budaya di mata dunia.

Salah satunya yang sering juga digunakan adalah Tari Piring milik masyarakat Minangkabau, kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Minang Sumatera Barat memilikinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: