HONDA

Manfaat Buah Maja untuk Membasmi Hama pada Kolam Pemancingan Ikan Lele, Begini Caranya

Manfaat Buah Maja untuk Membasmi Hama pada Kolam Pemancingan Ikan Lele, Begini Caranya

Buah maja bagus untuk ikan lele dikolam pemancingan--Youtube/yayat lele

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Buah maja juga memiliki khasiat untuk membasmi hama pada kolam pemancingan ikan lele, hama yang mengganggu aktifitas ikan lele pada kolam pemancingan saat hendak menarik ikan.

Dalam kolam pemancingan lele biasanya ada hama yang lengket pada kumis lele sehingga menyebabkan ikan lele enggan untuk memakan umpan pancingan dari pemancing sehingga dianggap kurang makan.

Biasanya ini terjadi pada kolam pemancingan karena hama jentik yang mendiami kolam tersebut menjadi kendala bagi ikan lele untuk aktifitas predatornya yang terbiasa memakan apa yang ada diydepannya.

Ternyata buah maja ini dapat digunakan dalam membasmi hama pada kolam pemancingan ikan lele tersebut, sehingga juga bagus untuk perkembangan lele termasuk untuk nafsu makannya.

BACA JUGA:Petani Wajib Tahu! Tips Membasmi Hama Tikus Sawah, Salah Satunya dengan Buah Maja

Buah maja ini sangat baik untuk kolam pemancingan ikan lele, selain dapat menghempaskan hama pada kumis ikan lele, juga bermanfaat dalam perkembangan ikan tersebut.

Apalagi ikan lele yang sedang terkena hama muncung merah atau sirip putih akan cepat teratasi ketika menggunakan buah maja ini didalam kolam pemancingan lele yang dapat memudahkan pekerjaan peternak.

Kolam pemancingan sangat rentan sekali terdapat hama untuk ikan lele karena pergantian air yang tidak mengalir, selain itu juga karena umpan yang digunakan oleh pemancing.

Apalagi pada musim kemarau akan menyebabkan banyak sekali hama pada ikan lele yang menyebabkan aktifitas lele tidak ingin makan umpan dari pemancing, sehingga mengurangi daya tarik pemancing.

BACA JUGA:Mengandung Antioksidan Tinggi, Ini 10 Manfaat Buah Rambai, Baik untuk Ibu Setelah Melahirkan

Untuk itu buah maja dapat menjadi solusi dari masalah yang dihadapi oleh pemilik kolam pemancingan ikan lele, dengan cara membelah buah maja yang belum terlalu tua yang masih hijau.

Kemudian belah menjadi dua bagian setelah itu sebarkan dibeberapa titik kolam pemancingan, disetiap sudutnya sehingga mengakibatkan buah maja tersebut terendam dan tercampur dengan air kolam.

Setelah dilakukan pemberian buah maja yang menjadi bulir seperti kapas tersebut, biarkan saja sehingga nanti hama-hama yang ada di ikan lele dapat mati dan terbebaskan dari pelengketan hama.

Ikan lele ini ternyata rentan dihinggapi dengan hama, untuk itu gunakan buah maja dalam menjawab masalah dari pemilik kolam pemancingan yang berguna bukan hanya untuk hama, namun bagus untuk ikan lele.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: