HONDA

Kenali Beberapa Tahapan Tradisi Pernikahan Adat Masyarakat Bengkulu yang Unik

Kenali Beberapa Tahapan Tradisi Pernikahan Adat Masyarakat Bengkulu yang Unik

Unik, ini dia beberapa tahapan tradisi pernikahan adat masyarakat Bengkulu.--Facebook.com/WahyudiDahlanSebar

Lalu, Tuo Kanca (tukang masak air dan nasi), Tuo Sirih (ketua penyiapan sirih pinang adat cerano), dan Tuo Imbau (tukang panggil).

3. Menerima Belanjo (Tunangan Adat)

Tahapan selanjutnya adalah menerima belanjo atau tunangan adat. Pada tahapan ini keluarga calon mempelai laki-laki akan memberikan uang antaran, seserahan dan mas kawin. Setelah pemberian tersebut diterima, barulah dilanjutkan dengan akad nikah.

4. Merempah dan Memecah Juada

Rangkaian atau tahapan selanjutnya, beberapa hari menuju ke hari H, akan digelar acara merempah dan memecah juada. 

Dimana pada tahapan ini keluarga, kerabat dan dibantu tetangga akan menghias rumah, mendirikan pelaminan adat Bengkulu serta dekorasinya.

BACA JUGA:Jangan jadi Pengapit Pengantin Hingga 3 Kali, Nanti Sulit dapat Jodoh, Mitos dari Tionghoa

5. Penganten Betange

Pada keesokan harinya dilanjutkan dengan acara penganten betenge, pada tahapan ini calon pengantin wanita akan mandi dengan air bunga dan lulur keharuman. 

Dimana prosesi ini biasanya dilakukan setelah waktu salat isya yang dihadiri oleh keluarga, kerabat dekat dan juga tamu undangan.

Kemudian pada keesokan harinya, calon mempelai wanita ini akan melakukan ziarah kubur, calon mempelai pengantin wanita didampingi oleh keluarga, induk inang dan imam masjid setempat sebagai penanggung jawab acara dimana mereka akan berdoa untuk para leluhur.

6. Bedabung

Tahapan selanjutnya, Calon mempelai pengantin wanita akan melakukan ritual bedabung pada hari yang sama, dimana di acara ini gigi calon mempelai pengantin wanita akan dikikir, diiringi dengan musik adat berupa gendang serunai.

BACA JUGA:Pengantin Baru Merapat! Ini Pinjaman Uang Muka Rumah Program BPJS : Bunga Rendah dan Pengajuannya pun Mudah

Di acara Bedabung tersebut akan dihidangkan makanan khas bengkulu yang berupa rujak dan nasi kunyit, calon mempelai pengantin wanita akan memakai pakaian khusus berupa kebaya pengantin dan rambutnya pun dihasi dengan sanggul singkek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: