HONDA

Kenali Beberapa Tahapan Tradisi Pernikahan Adat Masyarakat Bengkulu yang Unik

Kenali Beberapa Tahapan Tradisi Pernikahan Adat Masyarakat Bengkulu yang Unik

Unik, ini dia beberapa tahapan tradisi pernikahan adat masyarakat Bengkulu.--Facebook.com/WahyudiDahlanSebar

7. Malam Bainai

Kemudian pada malam harinya akan digelar acara malam bainai, di tahapan ini, Calon pengantin wanita akan mewarnai kukunya dengan daun inai yang dipandu oleh induk inang, dan anak-anak gadis sahabat dari calon pengantin wanita.

8. Akad Nikah

Kemudian Sebelum akad nikah, calon pengantin pria akan duduk di depan susunan sirih cerano, Calon pengantin ini akan sujud kepada calon mertua dan memohon restu untuk menikahi putrinya. 

Selanjutnya baru diucapkan ijab kabul, pada acara ini ke 2 mempelai Pengantin memakai baju pengantin adat Bengkulu.

BACA JUGA:Pengantin Baru Terima Pelangai Paru dan Lado Pusaka

9. Hadang Galah dan Pengantin Bercampur

Kemudian prosesi Hadang Galah, dimana pada prosesi ini para ketua yang sudah ditunjuk akan menghadang jalan pengantin laki-laki untuk menuju pengantin Wanita. 

Pengantin Laki-laki ini akan dihadang galah oleh tuo kerjo, hadang kain oleh tuo sambal, dan hadang kipas oleh induk inang pada saat di pelaminan, setelah melewati beberapa hadang Galah tersebut barulah pasangan pengantin Bercampur.

Pada prosesi Hadang Galah ini, mereka akan saling berbalas pantun memakai bahasa bengkulu yang bermakna kiasan, dimana sebelumnya para ketua menunjukkan beberapa gerakan silat yang merupakan Tari Berendai pada saat pengantin sampai.

10. Mufakat Rajo Penghulu

Selanjutnya pada hari H pernikahan, atau tepatnya pada sore hari akan dilaksanakan mufakat rajo penghulu, dimana tahapan ini tuo kerjo dengan menghadap nenek mamak untuk memohon restu dan petunjuk.

BACA JUGA:Asal Usul Suku Lembak, Salah Satu Suku Bangsa Asli Bengkulu

11. Belarak

Tahapan kemudian dilanjutkan dengan prosesi belarak pada hari yang sama, di tahapan ini pasangan pengantin akan diarak memakai kendaraan tertentu yang dipandu oleh induk inang dan juga tuo kerjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: