HONDA

Kualitas Mutu Pendidikan Jadi Fokus Pemkab Mukomuko, Seragam Sekolah Gratis Akan Kembali Dibagikan

Kualitas Mutu Pendidikan Jadi Fokus Pemkab Mukomuko, Seragam Sekolah Gratis Akan Kembali Dibagikan

Program seragam gratis Bupati Mukomuko tahun lalu akan kembali dilakukan tahun ini--Dokumen/Rakyat Bengkulu

MUKOMUKO, RAKYATBENGKULU.COM - Pentingnya standar mutu pendidikan di Kabupaten Mukomuko, sehingga akan menghasilkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang terkategori mampu bersaing nantinya. 

Maka dari itu, dibutuhkan sekolah yang sudah terakreditas yang tersebar di beberapa wilayah Mukomuko. 

Karena keterbatasan sekolah yang memiliki akreditas, sesuai agenda Pemkab Mukomuko akan menargetkan sebanyak 45 Sekolah Dasar (SD) di Mukomuko yang saat ini terakreditasi B meningkat menjadi akreditasi A. 

Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA mengatakan peningkatan akreditas sekolah sangat perlu dilakukan, mengingat saat ini dunia pendidikan terus dituntut mengikuti perkembangan jaman, mulai dari perkembangan teknologi, kurikulum, pola Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan tentunya fasilitas. 

BACA JUGA:Siap-Siap Seragam Sekolah Anak Berganti, Mendikbud Nadiem Makarim Rilis Aturan Baru

"Saat ini baru 22 SD di Mukomuko yang sudah meraih akreditasi A. Kita targetkan paling tidak dua kali lipat bahkan lebih dari sekarang menjadi 45 sekolah, yang memiliki akreditas A," katanya.

Bupati menambahkan, selain itu di tahun ini Pemkab Mukomuko akan kembali membelikan seragam sekolah gratis bagi siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Program seragam gratis ini masih akan tetap berjalan, tidak terpengaruh dengan peraturan seragam sekolah baru yang ditegaskan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) pada tahun ini.

"Program pembagian seragam sekolah yang kita laksanakan tidak terdampak dengan adanya peraturan Kemendikbudristek, maka dari itu program seragam sekolah gratis kita tetap lanjut," jelasnya.


Kualitas Mutu Pendidikan Jadi Fokus Pemkab Mukomuko, Seragam Sekolah Gratis Akan Kembali Dibagikan--Dokumen/Rakyat Bengkulu

BACA JUGA:6 Rekomendasi Baju Seragam Keluarga untuk Lebaran 2024

Bupati mengatakan, pengadaan seragam sekolah bagi peserta didik baru tingkat SD dan SMP di Mukomuko tahun ini, sama dengan tahun sebelumnya, merupakan seragam Nasional putih merah untuk SD dan putih biru untuk SMP, serta ditambah pakaian olahraga, jadi tidak terpengaruh dengan adanya perubahan peraturan tersebut.

"Yang berubah besar itu, seragam pramuka dan ada seragam pakaian adat. Tapi, kita tidak ada pengadaan untuk seragam tersebut. Adanya seragam olahraga," paparnya.

Untuk merealisasikan program bantuan seragam sekolah bagi siswa SD dan SMP ini, telah disiapkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024 sebesar Rp3,9 miliar. Anggaran sebesar Rp2,1 miliar untuk seragam SD sebanyak 3.835 stel. Kemudian anggaran sebesar Rp1,8 miliar untuk seragam SMP sebanyak 3.357 stel. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: