HONDA

Membuat Pestisida Nabati dari Cabai Merah yang Ampuh Membasmi Kutu Daun, Begini Caranya

Membuat Pestisida Nabati dari Cabai Merah yang Ampuh Membasmi Kutu Daun, Begini Caranya

Membuat Pestisida Nabati dari Cabai Merah yang Ampuh Membasmi Kutu Daun, Begini Caranya--Instagram/_kangkebon

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Membuat Pestisida Nabati dari Cabai Merah yang Ampuh Membasmi Kutu Daun, Begini Caranya.

Lagi salah satu alternatif dari pestisida nabati dengan menggunakan cabai merah sehingga dapat membasmi kutu daun dan berbagai hama lainnya.

Pestisida nabati ini memiliki manfaat yang banyak sekali untuk dimanfaatkan secara baik oleh petani dalam mengendalikan hama tanaman dengan menggunakan beberapa bahan cabai ini.

Cabai merah dalam bahasa latin dikenal dengan capsicum annuum I yang memiliki rasa pedas biasanya dipakai untuk bumbu masakan terutama bijinya yang baik sekali digunakan.

Ternyata bukan hanya bermanfaat untuk bahan masakan namun berguna juga untuk bahan pestisida nabati yang alami dapat diaplikasikan pada tanaman yang memudahkan petani.

BACA JUGA:Pestisida Nabati dari Daun Ddn Biji Mimba untuk Perkebunan Kopi di Kepahiang, Ampuh Kendalikan Hama

Pestisida nabati ini memiliki harga yang murah dan mudah untuk pengaplikasiannya, belum lagi sifatnya yang ramah lingkungan dapat sekali berguna untuk menyuburkan tanaman.

Dimana cabai sendiri memiliki kandungan yang bernama capsaisin yakni zat yang dapat mengambil atom hidrogen dari jaringan makhluk hidup yang kemudian dapat membasmi hama misalnya kutu daun.

Untuk jaringan bereaksi dapat dikeluarkan dengan air agar tidak rusak karena dehidrasi, bukan hanya untuk manusia, berlaku juga untuk hama sehingga dengan menggunakan semprotan air cabai hama akan merasakan kepedasan.

Ini karena hama terkena air cabai, kemudian dapat mati mengering dengan membran sel yang rusak sehingga akan menyebabkan kehabisan cairan atau dehidrasi.

BACA JUGA:Membuat Pestisida Nabati dari Daun Sirsak untuk Membasmi Hama, Begini Caranya

Untuk itu pestisida nabati ini memiliki keampuhan dalam mengendalikan kutu, tungau, ulat dan cacing perusak akar tanaman sehingga berguna sekali dalam membasmi hama sasarannya.

Bahan dari golongan fenilpropanoid ini dapat membuat sistem metabolisme dari koordinasi serangga mati, karena cabai ini memiliki zat dalam butiran biji cabainya yang masuk golongan zat fenilpropanoid.

Maka cabai merah berfungsi baik untuk menjadi repellent atau insektisida penolak untuk tanaman yang diserang dengan hama serangga sehingga dapat berguna untuk tanaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: