BANNER KPU
HONDA

7 Manfaat Anak Mengembangkan Diri dengan Cara Bermain dan Melatih Sensorik

7 Manfaat Anak Mengembangkan Diri dengan Cara Bermain dan Melatih Sensorik

7 Manfaat Anak Mengembangkan Diri dengan Cara Bermain dan Melatih Sensorik --Instagram/playdateyuk

Misal saja ketika dia mengangkat gelas yang berisi beras yang berwarna-warni dia akan merasakan bahwa gelas yang diangkatnya terasa berat dan tahu membedakan ketika gelas itu kosong akan terasa ringan.

Hal ini akan memberikan pengetahuan padanya ketika dia suatu hari nanti mengambil air, ketika air itu terasa penuh dia akan beranggapan bahwa itu akan berat dan jika ember itu tidak terisi apa-apa dia akan tahu akan terasa ringan ketika dibawa.

BACA JUGA:5 Cara Menyetop Anak Berhenti Main Game

Sama halnya ketika dia menuangkan air ke dalam gelas dia akan tahu cara yang baik agar menuangkan air tersebut, jangan sampai tumpah karena dia sudah berpengalaman menuangkan air.

4. Dapat melatih fokus dan konsentrasi

Secara tidak langsung anak akan melatih fokus dan konsentrasinya seperti dia tidak akan mendengarkan suara-suara yang tidak penting yang akan mengganggu aktivitasnya.

Karena dia akan lebih sibuk melakukan apapun yang menjadi fokusnya dalam melatih bermain sensorik, hal ini berguna untuk memilah suara yang berguna untuk kesehariannya.

5. Akan melatih motorik halus anak

Dengan bermain melatih saraf sensorik ini akan melatih otot-otot halus motorik anak seperti jari, pergelangan tangan dan lengan yang akan berguna ketika mereka mengancing, menulis, dan lain halnya.

BACA JUGA:Yuk, Ajarkan 5 Kebiasaan Sehat sebelum Tidur pada Anak Sejak Dini

Dengan bermain menggunakan saraf sensorik ini akan melatih motorik halus anak dalam melakukan hal-hal yang nantinya berguna ketika dalam keseharian mereka.

6. Dapat melatih perkembangan bahasa anak

Ternyata bermain dengan menggunakan saraf sensorik ini juga dapat melatih perkembangan bahasa anak mereka akan penasaran dalam melihat tekstur, warna dan bentuk.

Mereka akan menggunakan bahasa-bahasa untuk menggambarkan atau mendeskripsikan mainan yang sedang mereka lakukan sehingga itu akan menambah kosakata bahasa mereka.

7. Dapat melatih problem solving skill anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: