BANNER KPU
HONDA

Suku Rejang Sempat Mendiami di Kalimantan Sebelum ke Sumatera, Benarkah?

Suku Rejang Sempat Mendiami di Kalimantan Sebelum ke Sumatera, Benarkah?

Suku Rejang Sempat Singgah Di Kalimantan Sebelum Ke Sumatera --Facebook/kisah ulama dan sejarah nusantara

Diperkirakan faktor keamanan dan penaklukan nenek moyang Rejang terus menyusuri Sungai Musi serta sungai Rawas hingga ke hulu yang diperkirakan sampai ke Tapus atau daerah Topos Lebong.

BACA JUGA:Mengintip Kenikmatan Lemea Cor, Menu Khas Suku Rejang yang Menggugah Selera

Suku Rejang yang melewati kawasan Ulu Rawas dan daerah bukit barisan dimana mereka sebagian masuk dalam Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan kawasan syarat akan peninggalan arkeologis dan artefak.

Di sinilah akan berkembang masyarakat Rejang menjadi rumpun Melayik seperti Semende dan lainnya hingga akhirnya mendiami Provinsi Bengkulu yang menjadi suku tertua.

Pada masa itu kehidupan Suku Rejang bersifat semi nomaden karena mereka belum mengenal pertanian dan perladangan namun mengumpulkan makanan atau meramu yang kemudian disimpan untuk dijadikan cadangan makanan.

Namun dengan perkembangan zaman hingga saat ini semi nomaden mulai ditinggalkan dan mulai terkikis karena mereka sudah mengenal persawahan dan perladangan.

BACA JUGA:Hati-hati! Jangan Pernah Datang ke Pulau Ini, Sebab Dihuni Oleh Suku Paling Berbahaya di Dunia

Mereka masyarakatnya berkelompok dengan membuat keluarga yang luas dengan konsep petulai kemudian hidup berkelompok dalam sistem kekerabatan menjadikan suatu wilayah disebut Talang.

Dengan konsep yang diberikan Belanda dari Talang hingga menjadi Kutai menjadikan wilayah tersebut berubah berdasarkan marganya dan bersifat teritorial dari sebuah wilayah masyarakat Suku Rejang.

Sampai saat ini perkembangan zaman membuat Suku Rejang semakin berkembang dan mendiami tempat yang mempunyai ekosistem yang baik dan keadaan alam yang subur.

Mereka kebanyakan tinggal di kaki bukit sehingga menyebabkan sistem persawahan dan perladangan mereka semakin kuat inilah menjadi suku tertua dari Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Suku Kajang di Sulawesi Selatan, Suku yang Menolak Teknologi Karena Akan Menimbulkan Dampak Negatif

Itulah asal usul dari suku tertua Provinsi Bengkulu yakni Suku Rejang yang sempat menyinggahi pulau Kalimantan sebelum menyebrang ke pulau Sumatera untuk persebarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: