BANNER KPU
HONDA

Suku Rejang Sempat Mendiami di Kalimantan Sebelum ke Sumatera, Benarkah?

Suku Rejang Sempat Mendiami di Kalimantan Sebelum ke Sumatera, Benarkah?

Suku Rejang Sempat Singgah Di Kalimantan Sebelum Ke Sumatera --Facebook/kisah ulama dan sejarah nusantara

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Suku Rejang sempat singgah di Kalimantan sebelum akhirnya menyeberang ke Sumatera. Hal ini dituangkan dalam hipotesis asal mula Suku Rejang oleh prof Mcgin.

Dikutip dalam akun Facebook kisah ulama dan sejarah nusantara mengungkapkan asal mula sejarah dari Suku Rejang yang merupakan suku tertua di Provinsi Bengkulu.

Suku Rejang ini dianggap sebagai suku asli dari Provinsi Bengkulu dianggap sebagai etnis yang pertama kali mendiami daerah ini yang sekurang-kurangnya hadir pada abad ke-2 masehi.

Suku Rejang sendiri biasanya disebut dengan tunjang atau yang berasal dari kata tanah Rejang yang berasal dari wilayah barat daya Sumatera yang diperkirakan sempat mendiami pulau Kalimantan.

BACA JUGA:Bangga! Desa IV Suku Menanti Rejang Lebong Masuk 50 Besar ADWI

Dalam sebuah catatan mengenai Suku Rejang tersebut di buku the History of Sumatra karya William Marsden pada tahun 1783 yang merupakan naskah publikasi ilmiah pertama yang mengungkapkan tentang masyarakat Rejang.

Bukan hanya menceritakan dengan masyarakat Rejang saja, berupa juga adat dan ihwal budayanya dikatakan bahwa Sumatera dihuni oleh kelompok etnis Melayu.

Diantara etnis Melayu tersebut yang berada di ujung selatan Sumatera meliputi Aceh, Batam, Minangkabau, Rejang dan Lampung. Dimana Suku Rejang tersebut diakui sebagai penghuni pertama dari Provinsi Bengkulu.

Hingga saat ini dipercaya bahwa Suku Rejang merupakan suku tertua yang mendiami Provinsi Bengkulu tersebut, tertulis dalam karya Eko rusyono bahwa kebudayaan Rejang berada di abad kedua Masehi.

BACA JUGA:Viral! Suku Togutil Halmahera Datangi Penambang, Siapa Mereka Sebenarnya?

Pada saat itu diceritakan bahwa nenek moyang Rejang berlayar melintasi lautan dan menepi di pesisir Barat Sumatera lalu menduduki daerah hilir sungai ketahun.

Hingga akhirnya menyusuri sungai tersebut menjadi awal langkah dari Suku Rejang ke wilayah Lebong yang pada saat itu dinamakan Renah Sekalawi.

Namun menurut Profesor Mcginn dikatakan sebelum sampai ke Sumatera mereka sempat mendiami pulau Kalimantan.

Dalam hipotesisnya mengenai asal usul masyarakat Suku Rejang ini yang kemudian dari Kalimantan menyeberang ke pulau Sumatera melalui Bangka hingga akhirnya mendarat di Sungai Musi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: