HONDA

Prakiraan Cuaca Rabu: BMKG Prediksi Mayoritas Kota Besar di Indonesia Berawan, Bengkulu Hujan

Prakiraan Cuaca Rabu: BMKG Prediksi Mayoritas Kota Besar di Indonesia Berawan, Bengkulu Hujan

Pada prakiraan cuaca Rabu BMKG memprediksi Bengkulu hujan, mayoritas kota besar di Indonesia berawan.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan mayoritas kota besar di Indonesia akan berawan pada hari Rabu, 19 Juni 2024 ini.

Berdasarkan informasi yang dirilis di situs resmi BMKG, cuaca berawan diprediksi terjadi di beberapa kota, termasuk Pangkal Pinang, Jambi, Bandarlampung, Yogyakarta, Palangka Raya, Mataram, dan Mamuju.

Selain itu, awan tebal diperkirakan akan meliputi langit Gorontalo dan Jayapura. Cuaca cerah berawan juga diharapkan terjadi di wilayah seperti Banda Aceh, Palembang, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Pontianak, Tarakan, Denpasar, Kupang, Makassar, dan Kendari.

BACA JUGA:BMKG Peringatkan Potensi Hujan Sedang hingga Lebat di Beberapa Wilayah Indonesia, Termasuk Bengkulu

BACA JUGA:BMKG Sebut Suhu Panas di Bengkulu Dipicu Penguapan Tinggi, Peralihan Cuaca Diprediksi Juli

Namun, beberapa kota diprediksi akan mengalami hujan dengan intensitas ringan, termasuk Pekanbaru, Bengkulu, Tanjung Pinang, Samarinda, Manado, Ambon, Ternate, dan Manokwari.

Hujan dengan intensitas sedang diperkirakan turun di Medan, sementara Padang dan Banjarmasin kemungkinan akan mengalami hujan disertai petir.

Deputi Meteorologi BMKG, Guswanto, menjelaskan bahwa wilayah Indonesia masih berpotensi dilanda hujan hingga September, meskipun sudah memasuki musim kemarau.

BACA JUGA:Wow! Ini Ramalan Shio Juli 2024, Shio-Shio yang Beruntung di Bulan Ini

BACA JUGA:6 Manfaat Lemon untuk Kesehatan Tubuh, Termasuk Menjaga Kesehatan Jantung

Hal ini disebabkan oleh beberapa dinamika atmosfer yang masih aktif, seperti fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang ekuatorial Rossby, gelombang Kelvin, pola sirkulasi siklonik, serta potensi pembentukan daerah belokan dan perlambatan angin.

Kondisi ini berpotensi menimbulkan dampak cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, banjir lahar hujan, dan tanah longsor, meskipun musim kemarau telah dimulai pada Juni hingga September 2024.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai prakiraan cuaca harian di kota Anda, kunjungi laman resmi BMKG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: