HONDA

Bank Indonesia Gelar Bencoolen Fest 2024 untuk Percepat UMKM Bengkulu Go Nasional dan Internasional

Bank Indonesia Gelar Bencoolen Fest 2024 untuk Percepat UMKM Bengkulu Go Nasional dan Internasional

Percepat UMKM Bengkulu go nasional dan internasional, Bank Indonesia gelar Bencoolen Fest 2024.--ANTARA/Boyke Ledy Watra

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bengkulu kembali mengadakan Bencoolen Fest 2024.

Sebuah acara yang bertujuan untuk mempercepat pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal agar mampu bersaing di pasar nasional dan internasional.

"Bencoolen Fest 2024 digelar dengan tujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan yang inklusif serta berkelanjutan di Provinsi Bengkulu," ujar Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bengkulu, Darjana, dikutip antaranews.com, Senin, 29 Juli 2024.

Acara ini rencananya akan berlangsung pada minggu keempat Agustus, dengan sejumlah kegiatan pra-festival yang dimulai pada 18 Agustus untuk merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

BACA JUGA:Bank Indonesia Optimis Inflasi Bengkulu 2024 Sesuai Target Nasional

BACA JUGA:Camkoha Market Bencoolen Mall Segera Hadir, Dukung UMKM Naik Kelas di Bengkulu

"Pada pra-event ini, kami akan menyelenggarakan kegiatan edukasi dan literasi terkait QRIS, CBP Rupiah, keuangan inklusif, dan kesehatan. Selain itu, kami juga akan memamerkan UMKM binaan KPwBI Bengkulu," tambah Darjana.

Selama Bencoolen Fest 2024 berlangsung, Bank Indonesia akan menghadirkan acara bertajuk "Cerita Kopi Bengkulu" yang akan menampilkan potensi kopi lokal, hasil produksi dan racikan dari UMKM Bengkulu.

Tidak hanya itu, Festival Kuliner Bengkulu juga akan digelar, yang mempersembahkan cita rasa kuliner khas Bengkulu dengan menggunakan produk-produk komoditas inflasi sebagai diversifikasi olahan pangan.

"Di Bencoolen Fest juga akan ada kegiatan business matching yang mempertemukan UMKM potensial dengan perbankan untuk pembiayaan, serta pameran UMKM," jelas Darjana.

BACA JUGA:Musim Kemarau, Harga Sayuran di Rejang Lebong Mulai Stabil Bahkan Diprediksi Bakal Naik

BACA JUGA:Jumlah Pelanggaran Lalu Lintas Selama Ops Patu Nala di Kabupaten Lebong Meningkat

Beberapa UMKM binaan Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bengkulu sudah sukses menembus pasar nasional. Misalnya, UMKM Sari Aren yang kini memasok gula aren bubuk ke sejumlah hotel di Indonesia.

Selain itu, produsen kopi lokal juga telah mampu memasok produknya ke pasar nasional dan pusat oleh-oleh khas Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: