Supaya Keluarga Makin Rajin Sholat, Yuk Siapkan Ruang Khusus untuk Sholat dalam Rumah

Kamis 26-10-2023,14:46 WIB
Reporter : Ana Mariyohana
Editor : Ana Mariyohana

Tetapi bila anggaran tidak cukup bisa disekat menggunakan partisi dan ditambahi gantungan untuk menggantung mukena, sarung dan peci.

Sehingga anggota keluarga bisa segera menunaikan sholat 5 waktu bila azan sudah berkumandang. 

BACA JUGA:Baca Doa Ini Sebelum Tidur, Agar Terhindar dari Kejahatan Ciptaan-Nya, Juga Al Fatihah dan Ayat Kursi

Keempat teras samping rumah. Biasanya teras samping rumah jarang dikunjungi, kecuali ada hal-hal tertentu. Lokasi ini bisa dimanfaatkan untuk mushola kecil, dengan memperhatikan keamanannya.

Jangan sampai air hujan masuk ke bagian yang akan digunakan untuk sholat, termasuk terpaan matahari juga jangan terlalu terik sampai ke ruangan tersebut.

BACA JUGA:30 Malaikat Berebut Mencatat Amalmu, Bacalah Doa Ini Saat I'tidal

Kamu bisa menggunakan bantuan tembok atau partisi rapat mendesain ruangan ini, supaya anti hujan, angin dan teriknya matahari. Sehingga nyaman digunakan untuk sholat dan ibadah lainnya. 

Kelima bisa juga memanfaatkan sedikit bagian dari ruang tamu. Supaya ketika ada tamu yang berkunjung dan numpang sholat, tidak harus masuk ke bagian dalam rumah.

BACA JUGA:Rajin Ibadah dan Berdoa! 3 Weton Ini Selalu Dilindungi Keselamatan Saat Bekerja, Badan Sehat dan Rezeki Berkah

Tinggal menyiapkan ketersediaan air, peralatan sholat dan menyekatnya supaya tamu tidak bisa melihat aktivitas sholat di ruangan tersebut. 

Keenam memanfaatkan rongga yang ada di dapur. Hanya saja, bila memanfaatkan rongga di dapur tentu akses ini lebih banyak dimanfaatkan anggota keluarga. Agak sungkan mengajak tamu sholat di sana, karena harus memasuki banyak ruangan termasuk dapur.

BACA JUGA:Surat Al Fatihah Bisa Digunakan untuk Meruqyah, Syaratnya yang Meruqyah dan Diruqiyah Sama-sama Mengimani

Selain itu, mungkin masih banyak spot lain dalam rumah yang bisa dimanfaatkan. Bisa juga memanfaatkan bagian rumah yang bertingkat atau lainnya.(**)  

Kategori :