8 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan, Meningkatkan Kesuburan Hingga Imunitas Tubuh

Minggu 31-12-2023,17:31 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

Ini berkat kandungan enzim bromelain yang memiliki sifat antiperadangan dan antioksidan yang dapat membantu meredakan rasa nyeri.

3. Mencegah penyakit kardiovaskular dengan mengontrol tekanan darah

Studi dalam Nutrition & Metabolism menyebutkan, buah nanas mengandung nutrisi dan fitokimia yang terkait dengan kapasitas antioksidan dan antiinflamasi.

Mengonsumsi buah nanas berpotensi menurunkan lipid, stress, oksidatif, jantung, dan peradangan yang salah satu menjadi pemicu kadar kolesterol tinggi dalam darah. 

BACA JUGA:Obati Alergi dengan Kunyit Putih, Ini Deretan Manfaatnya untuk Kesehatan

Semua kondisi itu berdampak peningkatan risiko pada penyakit kardiovaskular

4. Mempercepat penyembuhan luka operasi dan cedera

Manfaat buah nanas juga dapat membantu waktu pemulihan setelah operasi atau olahraga.

Meski buah nanas membantu mengisi kembali simpanan karbohidrat setelah berolahraga, beberapa manfaat juga terjadi berkat sifat anti-inflamasi bromelain.

BACA JUGA:7 Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Turunkan Kadar Asam Urat Hingga Cegah Penyakit Liver

Studi dalam The Journal of The Pakistan Medical Association menunjukkan bahwa bromelain dapat mengurangi peradangan, memar, pembengkakan, dan nyeri yang sering terjadi setelah operasi, termasuk bedah gigi dan kulit. 

Kandungan tersebut juga dapat mengurangi peradangan. Bahkan dapat mengurangi ketidaknyamanan, rasa nyeri, atau bengkak setelah operasi gigi. 

Bromelain juga dapat untuk mempercepat pemulihan otot setelah olahraga yang berat dengan cara mengurangi peradangan pada sekitar jaringan otot yang rusak.

5. Mendukung kesehatan kulit

BACA JUGA:Ramalan Shio Tikus dan Macan untuk Keuangan, Percintaan, dan Kesehatan Awal Bulan Depan

Siapa sangka, buah nanas juga baik untuk mencegah munculnya kerutan pada kulit wajah. Ini tak lain karena kandungan vitamin C, yang dapat merangsang untuk pembentukan kolagen. 

Kategori :