Tingkatkan Kualitas dan Akurasi Data, Rapat Koordinasi SDI Tingkat Provinsi Bengkulu Hadirkan 3 Narasumber

Kamis 25-07-2024,20:38 WIB
Reporter : Febi Elmasdito
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pemprov Bengkulu mengadakan Rapat Koordinasi Satu Data Indonesia (SDI) tingkat Provinsi Bengkulu Tahun 2024, Kamis 25 Juli 2024.

Adapun tujuan Rapat Koordinasi SDI tingkat Provinsi Bengkulu Tahun 2024 ini yakni sebagai upaya meningkatkan kualitas dan akurasi data di Provinsi Bengkulu.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Bengkulu, Raden Ahmad Denny saat memimpin rapat menjelaskan bahwa ada 3 narasumber yang hadir.

Mereka yakni Kepala BPS Provinsi Bengkulu, Kepala Bappeda Provinsi Bengkulu dan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:57 Rumah Gula Aren Dibangun Tidak Sesuai Spesifikasi, 3 Tersangka Ditahan Kejari Rejang Lebong

BACA JUGA:Panduan Membeli Motor Listrik, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan

Ia mengatakan sebagai Wali Data Tingkat Daerah yang bertugas memeriksa kesesuaian data dari Produsen Data tingkat daerah sesuai prinsip Satu Data Indonesia, maka Dinas Kominfo Provinsi Bengkulu perlu hadir sebagai narasumber.

"Selain itu, mereka juga menyebarluaskan data dan metadata di Portal Satu Data Indonesia serta membantu Pembina Data tingkat daerah dalam membina Produsen Data," ujarnya.

Selain itu, Rapat Koordinasi SDI juga  dilengkapi dengan bimbingan teknis agar seluruh pihak memiliki pemahaman yang sama terkait progres SDI dan meningkatkan nilai indeks SDI di Provinsi Bengkulu. 

Dalam kesempatan itu, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Bengkulu ini juga  menekankan pentingnya seluruh OPD untuk melakukan pengecekan ulang sebelum data dipublikasikan.

BACA JUGA:Bawaslu Kota Bengkulu Hentikan Pemeriksaan Laporan Pencatutan Nama Dukungan Bakal Calon Wali Kota Bengkulu

BACA JUGA:Kejaksaan Negeri Rejang Lebong Teliti Berkas Perkara Pembunuhan Owner D'Sandana Curup

"Hasil rapat ini diharapkan dapat menjadi evaluasi bersama untuk perbaikan di masa mendatang," tambahnya.

Denny berpendapat jika data dari berbagai sektor seperti pemerintahan, kependudukan, pendidikan, kesehatan, sosial, ketenagakerjaan dan pertanian harus terus ditingkatkan kualitasnya melalui Forum SDI Tingkat Provinsi ini.

Disisi lain Kepala Bappeda Provinsi Bengkulu, Yuliswani menyebutkan jika Portal Satu Data Indonesia merupakan implementasi konkret satu data yang disajikan dalam bentuk digital.

Kategori :