4 Gejala Penyakit Busuk Pangkal Batang pada Tanaman Kelapa Sawit dan Cara Penanganannya

Senin 12-08-2024,08:19 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

4. Gejala Umum

- Gejala Umum: Pada tahap lanjut, tanaman dapat menunjukkan kemunduran umum, termasuk penurunan pertumbuhan dan kekuatan tanaman.

BACA JUGA:Butuh Dana Rp10 Juta – Rp50 Juta, Simak Angsuran di Bank Bengkulu Tenor 15 Tahun

BACA JUGA:Benarkah Kopi Bisa Menurunkan Berat Badan? Berikut Manfaat Kopi untuk Diet

Cara Penanganan Penyakit Busuk Pangkal Batang Kelapa Sawit

1. Deteksi Dini dan Monitoring

- Inspeksi Rutin: Lakukan inspeksi rutin untuk mendeteksi gejala awal penyakit. Deteksi dini membantu dalam penanganan yang cepat sebelum infeksi menyebar lebih luas.

- Monitoring Kesehatan Tanaman: Pantau tanaman secara berkala untuk melihat tanda-tanda penurunan kesehatan dan produksi.

2. Pengelolaan Tanah dan Drainase

- Perbaikan Drainase: Pastikan sistem drainase di kebun sawit berfungsi dengan baik untuk mencegah genangan air di sekitar pangkal batang, yang dapat menciptakan kondisi yang ideal untuk pertumbuhan jamur.

- Pengolahan Tanah: Lakukan pengolahan tanah secara berkala untuk meningkatkan struktur tanah dan mencegah pemadatan yang dapat mempengaruhi drainase.

3. Pembersihan dan Sanitasi

- Penghapusan Tanaman Terinfeksi: Hancurkan dan buang tanaman yang terinfeksi dengan benar untuk mencegah penyebaran penyakit. Tanaman yang terinfeksi harus segera dihapus dari kebun.

BACA JUGA:6 Fakta Menarik Tentang Air Es, Ternyata Tidak Bikin Gendut

BACA JUGA:7 Makanan yang Direkomendasikan untuk Kesehatan Ginjal

   - Sanitasi Peralatan: Bersihkan dan disinfektan alat pertanian dan perawatan untuk menghindari kontaminasi silang antara tanaman.

Kategori :