BANNER KPU
HONDA

Pasar Barukoto Terbengkalai, Pedagang Minta Perhatian Pemerintah

Pasar Barukoto Terbengkalai, Pedagang Minta Perhatian Pemerintah

BENGKULU - Pasar  Barukoto merupakan salah satu pasar tradisonal yang ada di Kota Bengkulu, yang eksistensinya mulai tergeser lantaran hadirnya mall ataupun pasar modern lainnya. Kondisi pasar kini menjadi tak terawat dan sepi pembeli. Kurangnya perhatian dari pemerintah juga mengakibatkan pasar sepi dan terbengkalai.

Upaya untuk memulihkan pasar sebetulnya telah dirancang agar pengunjung kembali datang dan berbelanja di Pasar Barukoto. Seperti revitalisasi yang pernah digaungkan pemerintah sebagai upaya membenahi Pasar Barukoto. Namun hingga saat ini tidak berjalan dengan baik. Para pedagang juga telah menyampaikan berbagai aspirasi dan keinginan mereka kepada pemerintah untuk menindaklanjuti pembenahan di Pasar Barukoto.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bengkulu telah melakukan revitalisasi sebagian bangunan. Namun, saat ini bangunan baru tidak dipergunakan untuk apapun oleh pedagang. Menurut keterangan salah serorang pedagang, Zuwerdi, pemerintah sudah pernah mencanangkan akan membuat kantor Samsat dan beberapa kantor lainnya di lantai dua. "Kami sudah senang menerima kabar tersebut namun sampai hari ini belum ada apapun di sini, semua hanya wacana pemerintah. Bahkan bangunan yang telah jadi pun terbengkalai,” katanya beberapa waktu lalu.

Di tengah pasar yang tengah sepi bahkan pengunjung yang dapat dihitung setiap harinya, masih ada beberapa pedagang yang bertahan dengan harapan pemerintah akan segera melakukan pembenahan di Pasar Barukoto.  “Kita bertahan di sini itu karena berpikir situasinya akan balik seperti kemarin kan. Yah di sini kan kebanyakan yang berbelanja itu pegawai negeri, mungkin nanti kalau keadaan sudah kembali, mereka akan datang ke pasar ini lagi. Lagi pula tempat ini milik kami, susah untuk mencari tempat baru lagi,” ucap pedagang lain, Eca.

Pasar yang sepi juga berdampak pada penghasilan pedagang. Kadang mereka terpaksa tak membuka toko lantaran sepinya pengunjung.  Padahal Pasar Barukoto merupakan harapan mereka untuk menggantungkan hidup. "Ya kami sangat berharap adanya perhatian pemerintah, agar Pasar Barukoto kembali ramai," harapnya. (arta/magang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: