HONDA

Pemkot Bengkulu-Pemkab Bengkulu Tengah Sepakat Bangun TPA Bersama

Pemkot Bengkulu-Pemkab Bengkulu Tengah Sepakat Bangun TPA Bersama

 

BENGKULU-  Sampah merupakan sumber pencemaran lingkungan. Keindahan dan kebersihan tidak terlihat jika sampah ada di setiap sudut kota. Tak hanya itu, sampah pun sangat mengusik dan menjadi sumber bencana bersama. Bentuk bencana tersebut seperti berkurangnya sumber air bersih, sumber penyakit, dan bencana banjir.

Untuk itu, salah satu upaya Pemerintah Kota Bengkulu yakni dengan menindak tegas oknum pembuang sampah sembarangan dengan penegakan Perda Nomor 2 Tahun 2011 tentang Sampah. Sanksinya denda Rp 5 juta dan 3 bulan kurungan.

Selain itu, Pemkot Bengkulu dan Pemkab Bengkulu Tengah menjalin kerjasama yang dikemas dalam Memorandum of Understanding (MoU). Ditandatangani langsung oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Bupati Bengkulu Tengah Ferry Ramli di ruang kerja walikota, Masjid At-Taqwa, Kelurahan Anggut Atas, Rabu (31/3).

Walikota Bengkulu Helmi Hasan didampingi Wakil Walikota Dedy Wahyudi, Sekda Arif Gunadi menyambut baik tawaran dari Pemkab Bengkulu Tengah dalam mencari solusi permasalah sampah baik di Kota Bengkulu maupun Kabupaten Bengkulu Tengah.

“Alhamdulillah, MoU tadi merupakan gagasan cerdas dan tawaran luar biasa dari Bupati Bengkulu Tengah. Melihat, mendengar dan membaca bagaimana Kota Bengkulu saat ini sedang semangat-semangatnya mengatasi persoalan sampah. Bukan hanya Kota Bengkulu saja, seluruh ibu kota di Provinsi se-Indonesia juga memiliki masalah yang sama,” papar Helmi.

Kerjasama yang direncanakan Pemkot Bengkulu dan Pemkab Bengkulu Tengah, adalah membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) bersama di Kabupaten Bengkulu Tengah. Apabila jadi dibangun, TPA Air Sebakul di Kota Bengkulu akan diubah menjadi taman buah dan dapat dinikmati oleh masyarakat secara gratis. Dan juga nantinya akan ada sekolah agama dari kementerian agama.

“Hadirnya kita disini ialah untuk mencari solusi permasalahan sampah baik di kota maupun kabupaten, dengan melakukan pembangunan TPA bersama. Saat ini sudah saya anggarkan pembangunan jalan menuju lokasi TPA tersebut dengan melakukan karya bakti bersama TNI,” terang Bupati Bengkulu Tengah Ferry Ramli.

“Ini sudah inisiatif kita. Menurut saya, apabila TPA tempatnya di Air Sebakul itu tanggung sekali, jadi hari ini kita ingin menyatukan TPA Kota Bengkulu dengan Kabupaten Benteng. Alhamdulillah rencana ini disambut baik Walikota Bengkulu dan Wakil Walikota. Dan insyaallah dengan doa masyarakat ini semua akan terealisasikan dengan cepat,” demikian Ferry. (cw1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: