HONDA

Kasus Melonjak, Kamar Rawat Pasien Covid-19 di RSHD Kota Bengkulu “Overload”

Kasus Melonjak, Kamar Rawat Pasien Covid-19 di RSHD Kota Bengkulu “Overload”

 

BENGKULU - Melonjaknya kasus pasien terkonfirmasi Covid-19 di Bengkulu beberapa hari terakhir ini ikut mempengaruhi kondisi rumah sakit. Salah satunya yang terjadi di rumah sakit penyanggah Covid-19, yaitu Rumah Sakit Harapan dan Doa (RSHD) Kota Bengkulu.

Banyaknya pasien yang datang untuk perawatan membuat kamar khsuus pasien Covid-19 di RSHD “overload” melebihi kapasitas. BACA JUGA: Covid Makin Meningkat, Nyaris di Atas Sumsel

Direktur Rumah Sakit Harapan dan Doa Kota Bengkulu (RSHD), dr. Lista Cherylviera mengatakan, meskipun saat ini pihaknya hanya melakukan perawatan bagi pasien yang memiliki gejala berat Covid 19, namun tetap saja jumlah kamar dan tempat tidur khsuus pasien Covid-19 di RSHD Kota Bengkulu saat ini tidak mampu menampung pasien yang melakukan perawatan.

"Hingga hari ini pasien Covid-19 yang kita rawat sebanyak 38 pasien, sedangkan jumlah bed (tempat tidur) perawatan Covid-19 milik kita baik di ruang isolasi maupun gedung baru yang kita miliki baru sebanyak 35 bed. Artinya ini sudah penuh dan 100 persen," kata Lista, Jumat (25/6).

Lista menambahkan ketersediaan tempat tidur untuk pasien Covid-19 bahkan sudah tidak ada lagi yang bisa digunakan saat ini. Untuk mengantisipasi kelonjakan tambahan pasien, pihaknya akan melakukan langkah-langkah dengan memanfaatkan ruang penanganan non Covid-19.

Namun hal itu masih butuh perlengkapan dan fasilitas untuk mendukung pelayanan pasien Covid-19. BACA JUGA: Kasus Covid-19 di Jawa Melonjak, Perketat Prokes Transportasi Antar Pulau

"Pasien ini punya hak untuk dirawat di rumah sakit mana pun, namun kita hanya merawat yang memiliki gejala berat kalau ringan tentu dianjurkan isolasi mandiri. Nah peningkatan ini diprediksi hingga bulan Agustus mendatang,” terang Lista.

“Jadi untuk mencegah lonjakan perawatan kita akan menambah sebanyak 50 bed lagi dengan memanfaatkan beberapa ruangan penanganan non Covid-19 jika memang itu dibutuhkan serta memaksimalkan ruang isolasi," tambahnya.

BACA JUGA: Benteng Bebas Covid 19,Harapan Bup

Lista menambahkan, meskipun saat ini RSHD Kota Bengkulu menerima dan berencana menambah ruang rawat khusus pasien Covid-19.  Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: