HONDA

Audit Dispusip dari ANRI Sudah Berjalan Internal dan Eksternal

Audit Dispusip dari ANRI  Sudah Berjalan Internal dan Eksternal

--

BENGKULU,rakyatbengku,disway.id – Pengawasan Kearseipan, Lembaga Kearsipan Daerah dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Provinsi Bengkulu yang diawasi oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sudah menjalankan audit internal maupun eksternal di Provinsi Bengkulu. 

Untuk audit eksternal sudah 4 Kabupaten yang sudah dilakukan Verifikasi, yakni Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Tengah, Kepahiang dan Kaur. Sedangkan untuk 5 Kabupaten dan 1 Kota akan dilakukan di tahap kedua. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu H. Meri Sasdi, M.Pd mengatakan, untuk berkas di 5 Kabupaten dan 1 Kota itu sudah lengkap. Namun belum saja dilakukan verifikasi karena akan diverifikasi pada tahap kedua. 

BACA JUGA:Dinas Perpustakaan Hadirkan Caffe Literasi

“Untuk sisahnya itu, dari hasil  audit sementara  berkasnya sudah lengkap. Nanti mungkin akan kami lakukan di tahap kedua,” ujarnya. 

Disampaikanya, di akhir Bulan Juli tahun 2022 ANRI juga akan melakukan klarifikasi terhadap berkas-berkas yang sudah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu lakukan audit. Hal ini dilakukan untuk memastikan keabsahan berkas tersebut. 

“Tetapi itu biasanya tidak seluruhnya dilakukan klarifikasi oleh ANRI. Itu akan di ambil sampel saja,” ungkapnya. 

BACA JUGA:Hadirkan Kobas, Dinas Perpustakaan Tergetkan Literasi Meningkat

Kemudian untuk audit Internal DPK Provinsi juga sudah menjalakan audit tersebut dan sudah di sampaikan Kepada seluruh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Rapat Koordinasi (Rakor) pada bulan April lalu untuk melakukan penilaian mandiri melalui Forum Audit Sistem Kearsipan Internal (Forum ASKI). Namun hingga saat ini baru 20 OPD yang mengumupulkan berkas hasil audit internal tersebut yang artinya masih ada 21 OPD Pemprov yang belum mengumpulkan berkas tersebut. 

“Dan disini kemungkinan kami harus menjemput bolah, karena kemungkina disini ada kendalah di OPD tersebut untuk mengisi forum ASKI ini,” ucapnya. 

BACA JUGA:Susun Buku Sukarnologi, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kunjungi Bengkulu  

Untuk tahapannya audit kearsipan internal ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu saat ini sudah melakukan verifikasi dokumen. Dan pada bulan Agustus mendatang ANRI akan ke Bengkulu untuk melakukan verifikasi hasil audit ini. 

“Jadwalnya itu awal Agustus jika tidak ada perubahan. Karena sampai dengan bulan ini anri masih melakukan verifikasi dokumen kita di Jakarta,” tutupnya. (eng/gik/prw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: