HONDA

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Protein Harian Tubuhmu, Apa saja Jenisnya? Simak Penjelasannya

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Protein Harian Tubuhmu, Apa saja Jenisnya? Simak Penjelasannya

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Protein Harian Tubuhmu, Apa saja Jenisnya? Simak Penjelasannya--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Protein adalah sekelompok biomolekul besar yang terbentuk dari satu atau lebih rantai panjang asam amino. Protein memiliki banyak fungsi dalam organisme hidup. Antara lain mempercepat reaksi metabolisme, mereplikasi DNA, merespons rangsangan, memberi bentuk pada sel dan tubuh. Serta memindahkan molekul dari satu tempat ke tempat lain. 

Perbedaan utama satu protein dan protein lain adalah urutan asam aminonya, yang ditentukan oleh urutan nukleotida dalam gennya dan biasanya menyebabkan protein terlipat jadi struktur tiga dimensi spesifik yang sesuai dengan fungsinya. 

Tubuh  kita dapat memproduksi protein dari  asam amino tertentu, yang diperoleh dari makanan kaya protein. Baik dari sumber hewani atau nabati. Namun, tubuh kita tidak dapat memproduksi asam amino esensial dan harus diperoleh dari luar (diet). 

BACA JUGA:10 Tanaman Obat yang Penting dan Perlu Anda Miliki di Pekarangan Rumah

Sumber protein hewani mengandung asam amino esensial spektrum penuh, sedangkan semua asam amino esensial dapat diperoleh dengan mengkonsumsi berbagai  sumber protein nabati. Asam amino esensial, termasuk lisin, triptofan, metionin, dan sistin, diperoleh dari makanan sehari-hari. 

Sedangkan asam amino non esensial antara lain sepertu valine, agrinine, tyrosine, serine dan lainnya yang tubuh kita dapat memproduksinya.

Di dalam saluran pencernaan, sumber makanan yang mengandung protein akan dipecah jadi berbagai macam asam amino esensial dan non esensial, kemudian diserap oleh tubuh. Asam amino tersebut digunakan sebagai bahan baku pembentukan protein yang dibutuhkan tubuh.

BACA JUGA:Sering Buang Air Kecil Malam Hari, Kurangi Kafein dan Alkohol, Hindari Pemanis Buatan

Misalnya untuk mengembangkan massa otot, komposisi darah, enzim, antibodi, menggantikan sel-sel tubuh yang rusak dan  banyak lagi. Jika  protein yang dikonsumsi berlebih, tubuh kamu akan mengubahnya jadi energi.

Kekurangan protein menyebabkan atrofi otot dan mengganggu fungsi tubuh manusia secara umum. Yuk simak apa saja protein yang bisa dan aman kamu konsumsi. 

1. Daging merah dan daging putih. 

Seperti namanya, daging merah berasal dari daging sapi, kambing, domba dan lainnya. Daging merah merupakan sumber protein yang kaya. Termasuk kandungan zat besi dan seng. Daging merah berkualitas tinggi merupakan sumber protein yang lengkap, karena mengandung semua asam amino esensial yang kamu butuhkan untuk memproduksi protein dalam tubuh.

BACA JUGA:Ini Serius Lho ! Pisang Bisa untuk ‘Sari Rapet’ dan Cegah Pendarahan Pasca Lahiran

Protein ini bagian penting dari struktur otot, rambut, kulit, darah, organ dan kelenjar. Meski tubuh kamu dapat membuat  asam amino tertentu, namun ada 9 asam amino esensial yang harus kamu dapatkan dari sumber makanan. Nah daging merah mengandung kesembilan asam amino esensial itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: