HONDA

Mengenal Sianida, Zat Kimia Yang Menewaskan Wayan Mirna

Mengenal Sianida, Zat Kimia Yang Menewaskan Wayan Mirna

Mengenal Sianida, Zat Kimia Yang Menewaskan Wayan Mirna --dok/rb

Sianida adalah senyawa yang sangat beracun bagi manusia dan banyak makhluk lainnya. Ini bekerja dengan mengganggu proses respirasi seluler, menghambat kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen.

BACA JUGA:Semakin Parah ! Kerusakan Jalan Lintas Bengkulu Utara – Lebong, Butuh Perbaikan Segera

Bahkan dalam jumlah yang sangat kecil, sianida dapat sangat berbahaya, dan paparan terhadap sianida dapat mengakibatkan kematian dalam waktu singkat.

BACA JUGA:Lahan Kering Akibat El Nino, 361 Hektar Lebih Sawah Gagal Panen

Sianida telah digunakan dalam berbagai konteks sejarah, termasuk dalam industri kimia, seperti dalam pemurnian logam. Namun penggunaan sianida dalam industri dan produksi makanan saat ini diatur ketat karena risiko keracunan yang tinggi. 

BACA JUGA:Beli Kendaraan Mudah! Pinjaman Dana Siaga BPJS : Pinjam Rp 15 Juta Cicilan Rp 33 ribu Perhari

Selain itu, sianida juga dikenal karena penggunaannya dalam berbagai zat kimia beracun dan sebagai metode yang digunakan dalam beberapa bentuk racun.

BACA JUGA:Mengenal Ragam Layanan Sleep Call: Berikan Berbagai Kepuasan, Berujung Cuan

Zat beracun itulah yang membuat Sianida sangat berbahaya bagi tubuh manusia karena dapat mengganggu proses respirasi seluler, yaitu proses di mana tubuh mengambil oksigen dari udara dan menggunakannya untuk menghasilkan energi. 

BACA JUGA:Inilah 5 Hewan Pembawa Hoki dan Dipercaya Datangkan Keberuntungan, Bisa Jadi Peliharaan Menggemaskan

Sianida bekerja dengan mengikat erat dengan protein-protein penting dalam rantai respirasi seluler, khususnya sitokrom oksidase, yang berperan dalam penggunaan oksigen. Dampak utama dari paparan sianida pada tubuh manusia adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:Bingung Ingin Berinvestasi Emas? Berikut 4 Tips Investasi Emas untuk Pemula

- Asfiksia: Sianida menghambat kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen, yang dapat mengakibatkan asfiksia atau kekurangan oksigen dalam tubuh. Kekurangan oksigen ini dapat berdampak serius pada organ-organ vital seperti otak dan jantung.

BACA JUGA:Butuh Dana Cepat, Cairkan Saldo 10 Persen BPJS Ketenagakerjaan, Simak Syarat dan Ketentuannya

- Gejala cepat: Paparan sianida dalam jumlah beracun dapat menyebabkan gejala yang muncul sangat cepat, seringkali dalam hitungan menit. Gejala awal termasuk pusing, mual, muntah, sakit kepala, dan sesak napas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: