HONDA

Akibat 'Jajan' Sembarangan ! 29 Warga Kabupaten Ini Terjangkit Penyakit 'Raja Singa'

Akibat 'Jajan' Sembarangan ! 29 Warga Kabupaten Ini Terjangkit Penyakit 'Raja Singa'

Kawasan liku sembilan yang ditenggarai masih menyimpan aktivitas esek-esek terselubung yang bisa menjadi pemicu penularan penyakit kelamin.--Heru/RB

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Diduga, akibat 'Jajan' sembarangan ! 29 warga kabupaten Kepahiang terjangkit penyakit 'Raja Singa'. 

BACA JUGA:HUT Ke-1 IKA SEMAKU Kepahiang, Ratusan Ibu-ibu Rebutan Ikan di Kolam, Ajak Masyarakat Lestarikan Tradisi Nyama

Dugaan ini diketahui dari catatan Dinas Kesehatan Kabupaten Kepahiang. Tahun ini Dinas Kesehatan Kepahiang menyatakan ada 29 warga Kabupaten Kepahiang yang terjangkit 'Raja Singa' atau Gonore (GO). 

BACA JUGA:Aksi Bejat Ayah Tiri di Kepahiang, Bertahun-tahun Lecehkan Anaknya Sejak Masih SMP

Penyakit ini merupakan jenis penyakit infeksi menular 5ek5ual (IMS). Penyebabnya karena aktivitas 5ek5 yang tidak aman, gonta-ganti pasangan hingga 'jajan' sembarangan.

BACA JUGA:31 Randis Pemkab Kepahiang, Hanya 26 Unit Bisa Lelang

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Wisnu Irawan, S.Kep, MM, menjelaskan ke 29 warga Kabupaten Kepahiang di atas terinfeksi IMS dengan rincian 23 GO dan 6 penyakit sifilis atau raja singa. 

BACA JUGA:Kaya dari Bunga Bank, Ini Dia Daftar Bunga Bank Tertinggi di Indonesia

"Data tersebut kita dapatkan dari laporan sejumlah Puskesmas di Kabupaten Kepahiang. Dari total tersebut, diketahui ada 1 perempuan yang mengidap sifilis," kata Wisnu.

BACA JUGA:BSI Hasanah Card; Beli Gadget, Diskon Rp 1 Juta Cicilan 0 % hingga 24 Bulan, Hanya Ada di Sini !

Dijelaskan Wisnu, untuk penyakit GO gejala yang dikeluhkan adalah kencing nanah yang terutama pada pagi hari saat bangun tidur. 

BACA JUGA:Gibran Sosok Muda Layak jadi Cawapres, Kata Anak Muda Bengkulu, Alasannya Simak di Sini !

Sementara untuk sifilis atau disebut raja singa, keluhan yang dialami adalah adanya luka (ulkus) pada alat kelaminnya, luka ini bersih, dan tidak menimbulkan rasa nyeri. 

BACA JUGA:Komisi I DPRD akan Panggil Bupati, Tanyakan Alasan Belum Jalankan Rekomendasi KASN !

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: