HONDA

Shodaqallahhul Azhim Bukan Sunnah Nabi Muhammad saat Selesai Membaca Al Quran, Berikut Penjelasannya

Shodaqallahhul Azhim Bukan Sunnah Nabi Muhammad saat Selesai Membaca Al Quran, Berikut Penjelasannya

Shodaqallahhul Azhim Bukan Sunnah Nabi Muhammad saat Selesai Membaca Al Quran, Berikut Penjelasannya--freepik.com/freepik/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Dalam Islam, membaca kitab suci Al-Qur'an adalah salah satu ibadah yang dianjurkan rutin dilakukan. Namun, sebagian muslim akan melakukan sunnah Nabi atau kegiatan yang sering dilakukan Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya.

Ketika kita selesai membaca Al-Qur'an, pasti kita akan selalu mengucapkan doa. Salah satu doa yang sering kita dengar adalah "Shodaqallahul 'Azhiim."

Namun, apakah doa ini benar-benar termasuk dalam Sunnah Nabi? Simak informasi lengkapnya dibawah ini!

BACA JUGA:Siap-siap! 4 Shio yang Beruntung di Tahun Naga Kayu 2024: Wujudkan Impian Anda di Tahun Depan

Diketahui permasalahan soal hukum bacaan ‘Shodaqallahhul 'Azhiim’  pada saat selesai membaca Al-Qur'an sudah lama menjadi khilafiyah atau perbedaan pendapat para ulama. Berkaitan dengan ini, Syekh M. Ali As-Shabuni menyarankan agar umat Islam sebaiknya menghindari diskusi tersebut.

Sebagai seorang muslim kita sering salah kaprah terhadap doa sesudah membaca Al-Qur'an. Di Indonesia pun kita masih sering mengucapkan “Shodaqallahhul 'Azhiim”.

Ternyata doa tersebut tidak ada landasannya dari sunnah nabi. Mengapa demikian, berikut penjelasannya:

BACA JUGA:Topcer! Uban di Usia Muda: 4 Bahan Alami Ini Disebut–sebut Ampuh, Berantas Sampai Akar

Bagi setiap muslim Al-Qur'an adalah kitab sebagai pegangan atau tuntunan kita. Semua petunjuk sesuai ajaran Allah swt ada di Al-Qur'an.

Sehingga wajib sekali Al-Qur'an dibaca dan dipelajari. Karena ini kitab Allah SWT, kita tidak boleh sembarangan dalam membacanya.

Banyak tata cara dalam membaca Al-Qur'an, seperti doa sebelum membaca dan doa sesudah membaca. 

BACA JUGA:Ini ! 8 Tips Jaga Kesehatan hingga Bertahan Sampai Usia Senja

Masih banyak perdebatan dengan doa sesudah membaca Al-Qur'an. Umumnya kita sebagai muslim setelah membaca Al-Qur'an akan ditutup dengan mengucapkan  ‘Shodaqallahhul 'Azhiim’  dan sudah menjadi kebiasaan umat muslim. Ucapan ‘Shodaqallahhul 'Azhiim’ memiliki arti "kita bersaksi atas kebenaran Al-Qur'an".

 Akan tetapi sebagian ulama yang berpendapat bahwa bacaan setelah membaca Al-Qur'an adalah: “Subhanakallahumma Wabihamdika Asyhadu Alla Ilaha Illa Anta Astaghfiruka Wa Atubu Ilaik” (H.R An-nasai).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: