HONDA

Dampak Asap Batubara Makin Parah, Warga Teluk Sepang Sampaikan Keluhan di Puskesmas

Dampak Asap Batubara Makin Parah, Warga Teluk Sepang Sampaikan Keluhan di Puskesmas

Warga Teluk Sepang sampaikan keluhan di Puskesmas lantaran dampak asap batubara makin parah.--dokumen/rakyatbengkulu.com

Dampak buruk dari kejadian ini telah memaksa satu keluarga yang rumahnya terletak paling dekat dengan tumpukan batubara untuk mengungsi demi melindungi diri mereka dari asap yang terus masuk ke dalam rumah.

BACA JUGA:Warga Dermayu Keluhkan Asap CPO PT Agri Andalas, DPRD Segara Panggil Manajemen PT Agri

Rustam menambahkan, salah satu keluarga yang tinggal paling dekat dengan tumpukan batubara ini telah mengungsi.

"Mereka memiliki seorang bayi yang baru berusia dua bulan, dan mereka ingin melindungi kesehatan bayi mereka dari dampak yang lebih parah," katanya.

Manager Kampanye Energi Kanopi Hijau Indonesia, Cimbyo menjelaskan bahwa pengelolaan tumpukan batubara yang sembarangan dapat berdampak serius pada kesehatan warga di sekitarnya.

"Saat melihat kondisi di lapangan, tampaknya pengelolaan tumpukan batubara dilakukan secara sembarangan. Tidak ada pagar yang memisahkan rumah warga dengan tumpukan batubara yang terbakar," bebernya.

"Penting untuk diingat bahwa batubara merupakan mineral yang reaktif, dan jika terbakar, kandungannya dapat menyebabkan gangguan pernafasan dan berpotensi besar menyebabkan penyakit kanker," ungkap Cimbyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: