HONDA

Marahi Anak Bukan Hal yang Salah, Tapi Orang Tua Hendaknya Hindari 5 Momen Ini

Marahi Anak Bukan Hal yang Salah, Tapi Orang Tua Hendaknya Hindari 5 Momen Ini

Marahi Anak Bukan Hal yang Salah, Tapi Orang Tua Hendaknya Hindari 5 Momen Ini--dok/rb

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Tindakan orang tua memarahi anak bukanlah hal yang salah. Orang tua yang mememarahi anaknya adalah hal yang dianggap wajar. Memang terkadang orangtua perlu bersikap tegas agar si anak dapat berperilaku baik dan mematuhi peraturan di rumah. 

BACA JUGA:Mudah Tersinggung Cenderung Terkena Insomnia, Pemarah Rentan Kena Hepatitis, Penyakit 99 Persen Karena Pikiran

Meski begitu, Anda sebagai orang tua juga harus menahan diri saat memarahi sang anak. Hindari marah berlebihan, berteriak apalagi menggunakan kekerasan fisik saat marah dan bertindak mendisiplinkan sang anak. Dengan begitu hati anak yang kena marah orang tua tidak akan terluka.

BACA JUGA:Cenderung Mudah Marah dan Tersinggung, Nafsu Makan Berkurang, Kenali Gejala Cacingan pada Balita

Orang tua juga perlu tahu bahwa ketika orang tua melakukan tindakan atau marah yang berlebihan, tentu bisa memicu hal yang sangat menakutkan bagi sang anak. Apalagi bila orang tua sudah membentak dan melakukan kekerasan fisik pada anak. Ke depan anak pun bisa mengalami trauma secara psikologis.

BACA JUGA:Walaupun Suka Marah dan Cerewet, Wanita Pemilik Weton Ini Adalah Istri Pembawa Keberuntungan Bagi Keluarga

Bahkan, beberapa studi klinis menyebutkan bahwa marah yang belebihan kepada anak, berpotensi membuat anak mengalami gangguan perilaku dan depresi di masa depan. Marah yang diiringi dengan bentakan dan kekerasan fisik juga berdampak lebih besar untuk jangka panjang pada perkembangan otak anak. 

BACA JUGA:Menakutkan! 3 Weton Ini Paling Berbahaya Ketika Marah, Lebih Baik Segera Menghindar

Oleh karena itu, orang tua hendaknya tidak melakukan tindak atau marah yang berlebihan pada anak-anak. Terkhusus, orang tua pun hendaknya memperhatikan beberapa momen ini, hindari memarahi anak pada 5 momen ini: 

BACA JUGA:Dimarahi Telat Pulang 3 Jam dari Sekolah, jadi Alasan Siswi Tenggak Racun Rumput sampai Meninggal

1. Anak Baru Akan Tidur

Apabila orang tua memarahi anak yang baru akan tidur, tentu efek langsung adalah anak akan sulit tidur. Tidurnya bisa jadi tidak akan pulas dan gelisah. Padahal tidur yang cukup sangat penting untuk pertumbuhan anak-anak. 

BACA JUGA:Resep Selai Kacang Rumahan yang Enak dan Lezat, Bisa Kamu Coba di Rumah !

2. Anak Baru Bangun Tidur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: