HONDA

Cascara: Teh dari Kulit Buah Kopi, Punya Banyak Khasiat dan Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Cascara: Teh dari Kulit Buah Kopi, Punya Banyak Khasiat dan Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Cascara: Teh dari Kulit Buah Kopi, Punya Banyak Khasiat dan Manfaat untuk Kesehatan Tubuh --Dokumen/rakyatbengkulu

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Teh herbal dari kulit buah kopi atau yang lazim disebut Cascara, belum begitu familiar dikalangan masyarakat Indonesia.

Namun, perlu diketahui jika mengkonsumsi kulit buah kopi sebagai teh herbal ini memiliki rasa yang menyegarkan dengan banyak manfaat. Diantaranya mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Cascara sendiri terbuat dari kulit buah kopi merah dan cara membuatnya pun tidak terlalu sulit.

Buah kopi petik merah dipisahkan dengan kulit kopi dari hasil pengolahan basah dan campuran. Setelah itu, jemur kulit kopi di tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari langsung (pengeringan di tempat teduh) selama kurang lebih 3 hari.

BACA JUGA:Manfaat Masker Kopi: Bikin Wajah Cerah Hingga Mengangkat Sel Kulit Mati, Begini Cara Membuatnya

Cara penjemurannya seperti menjemur gabah. Kemudian setelah kadar air pada kulit kopi mencapai sekitar 11,5%, barulah cascara menjadi bahan minuman herbal siap seduh yang menyehatkan.

Selain memiliki aroma yang menyegarkan ternyata teh kulit kopi ini dianggap sebagai salah satu minuman yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Cascara diketahui baik untuk melancarkan pencernaan. Manfaat cascara ini dapat digunakan untuk mencegah dan mengatasi sembelit atau konstipasi. 

Selain itu, cascara juga kaya akan antioksidan yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik atau probiotik pada usus.

BACA JUGA:Dianggap Tak Berguna Ternyata Ampas Kopi Bisa Jadi Pupuk Tanaman, Begini 2 Cara Pembuatannya

Cascara juga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, karena kaya akan antioksidan, khususnya polifenol, yang baik untuk mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh akibat paparan radikal bebas.

Antioksidan merupakan salah satu jenis zat yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

Selanjutnya rutin mengkonsumsi cascara mampu menjaga kesehatan jantung. Tak hanya kaya akan antioksidan polifenol, teh cascara juga banyak mengandung cholorogenic acid. 

Beberapa riset menunjukkan bahwa zat tersebut diketahui baik untuk mengurangi peradangan, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: