HONDA

Tentukan Jenis Kelamin, Kunci Kerberhasilan Pada Tanaman, Menghasilkan Buah yang Melimpah

Tentukan Jenis Kelamin, Kunci Kerberhasilan Pada Tanaman, Menghasilkan Buah yang Melimpah

Tentukan Jenis Kelamin, Kunci Kerberhasilan Pada Tanaman, Menghasilkan Buah yang Melimpah--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Sebelum kita menanam tanaman buah, penentuan jenis kelamin pada tanaman adalah salah satu aspek yang sangat penting. Supaya dapat menghasilkan secara optimal.

Ketika membahas tentang pertanian dan budidaya tanaman, seringkali kita lebih fokus pada aspek-aspek seperti memilih bibit, penyiraman yang tepat, pemupukan yang sesuai serta perlindungan terhadap hama dan penyakit.

BACA JUGA:7 Tanaman Terbaik Pembersih Udara dalam Ruangan, Tidak Gampang Mati

Tetapi, dalam penentuan jenis kelamin pada tanaman juga berperan penting pada hasil panen dan produksi tanaman secara keseluruhannya.

Pengetahuan tentang jenis kelamin tanaman, merupakan kunci penting untuk mencapai keberhasilan dalam budidaya tanaman. Ini paling utama yang perlu kita pahami, bahwa tidak semua tanaman memiliki jenis kelamin yang sama.

BACA JUGA:Jeruk Nipis dapat Mencegah Batu Ginjal, Membantu Menurunkan Berat Badan

Ada sebagian tanaman yang punya sistem reproduksi yang tergantung pada jenis kelamin. Sementara yang lainnya punya organ kelamin jantan adalah benang sari dan organ kelamin betina adalah putik (hermaprodit) dalam artian suatu tanaman yang reproduksinya berada dalam satu tanaman.

Paling menonjol adalah tanaman dioesis, dimana terdapat individu jantan dan betina yang berbeda. Contohnya jeruk, pisang dan jenis tanaman hias lainnya.

BACA JUGA:4 Mitos Rumah Tusuk Sate, Begini Kata Primbon Jawa

Dalam kasus ini, penentuan jenis kelamin pada tanaman merupakan kunci, karena hanya tanaman betina yang akan menghasilkan buah.

Misalnya ketika kita ingin menanam pohon jeruk, bila kita tidak memahami perbedaan antara pohon jeruk jantan dan betina kemungkinan kita akan menanam pohon jeruk jantan yang tidak akan menghasilkan buah.

BACA JUGA:WOW! Ternyata Ini 5 Manfaat Daun Tanaman Kedondong Pagar untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Pentingnya pengetahuan tentang jenis kelamin tanaman yang akan memungkinkan kamu dapat memilih dengan bijak jenis pohon yang ditanam. Sehingga akan menghasilkan panen jeruk yang diinginkan akan tercapai.

Dalam konteks pemulian tanaman, penentuan jenis kelamin pada tanaman sangat penting. Kita mencari untuk mengembangkan varietas yang punya karakteristik tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: