HONDA

Jangan Asal Memilih Besi Beton untuk Konstruksi Rumah! Ikuti 5 Tips Berikut Ini Agar Awet dan Bangunan Kokoh

Jangan Asal Memilih Besi Beton untuk Konstruksi Rumah! Ikuti 5 Tips Berikut Ini Agar Awet dan Bangunan Kokoh

Jangan Asal Memilih Besi Beton untuk Konstruksi Rumah! Ikuti 5 Tips Berikut Ini Agar Awet dan Bangunan Kokoh--Foto: Freepik.com/nxt143

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Bagi Anda yang berprofesi sebagai developer atau ahli bidang konstruksi bangunan seperti konstruksi rumah pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah beton bertulang. 

Sebenarnya, beton bertulang ini berupa penulangan untuk konstruksi beton dengan menggunakan material berupa besi beton. 

Besi yang digunakan untuk beton bertulang tersebut terbagi menjadi dua jenis, yaitu besi beton polos atau plain bar, dan besi beton dengan uliran atau deformed bar.

Besi beton polos atau plain bar adalah, besi beton dengan permukaannya polos tanpa sirip. Sementara itu, besi beton ulir atau deformed bar, merupakan besi beton yang permukaannya memiliki uliran berupa sirip dengan arahnya saling melintang yang dibentuk dengan cara dipilin. 


Jenis besi beton polos--Foto: Freepik.com/constiv

BACA JUGA:Minuman Bersoda Ternyata Bisa Merusak Gigi, Membuat Tulang keropos, Memicu Obesitas

Kemudian, bagaimana cara memilih besi beton yang baik untuk konstruksi rumah? Tidak sulit loh, lakukan saja tips berikut ini:

1. Pilih Jenis Besi Beton yang Akan Anda Digunakan

Anda sudah tahu bahwa ada dua jenis beton bertulang yang biasa digunakan untuk konstruksi bangunan rumah. 

Keduanya memiliki fungsi yang berbeda dan akan maksimal apabila Anda memilih dengan tepat dan cermat sesuai dengan desain hunian. 

BACA JUGA:Serahkan Bantuan Mobil Ambulance, Pemprov Bengkulu Imbau Etnis Karo Kompak Dukung Pembangunan

Namun, Anda juga perlu mengetahui karakteristik masing-masing pada besi sebelum membelinya.

Pada dasarnya, besi beton berpilin atau ulir cukup sulit dibengkokkan atau dibentuk yang disebabkan karena tegangan besi yang terbilang cukup tinggi. 

Namun, tidak demikian dengan besi beton yang polos yang lebih mudah dibengkokkan atau dibentuk. Jika Anda mencari besi beton yang berkualitas, pastikan besi beton yang anda dipilih memiliki tingkat kekerasan yang baik. Tingkat kekerasan ini bisa diuji dengan alat hardness tester.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: