HONDA

Ini ! 5 Hal yang Menentukan Harga dan Nilai Batu Akik, Bisa Dihargai Miliaran Rupiah

Ini ! 5 Hal yang Menentukan Harga dan Nilai Batu Akik, Bisa Dihargai Miliaran Rupiah

Ini ! 5 Hal yang Menentukan Harga dan Nilai Batu Akik, Bisa Dihargai Miliaran Rupiah--DOK/RB

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Harga dan nilai sebuah batu akik memang belum ada yang menyamai batu mulia atau batu permata. Namun, kategori mendekati harga dan nilai sebuah batu mulia ada. 5 hal yang menentukan harga dan nilai batu akik, harganya bisa miliaran. 

BACA JUGA:Menelusuri Kecantikan Batu Akik Lumuik Sungai Dareh, Permata Istimewa Sumatera Barat

BACA JUGA:Menggali Khasiat Batu Akik Junjung Drajat, Memahami Kepercayaan dan Manfaatnya

Apa saja 5 hal tersebut? Berikut rakyatbengkulu.com mengulasnya pada artikel yang dihimpun dari berbagai sumber. Adapun 5 hal yang menentukan harga dan nilai batu akik hingga bernilai miliaran adalah sebagai berikut: 

1. Kekerasan dan Kepadatan Batu

Tingkat kekerasan dan kepadatan batu memang menjadi yang utama. Terbukti batu mulia yang harganya bisa bernilai ratusan miliar, bahkan triliunan juga ditentukan dengan kekerasan dan kepadatan batu.  

Termasuk batu akik. Ketika kekerasan dan kepadatan batu akik tinggi, maka harganya pun akan tinggi. Anda pun jangan heran kalau batu akik yang tingkat kekerasan dan kepadatannya tinggi bisa menjadi batu akik termahal di dunia. 

BACA JUGA:Batu Akik Cantik! Ini Pesona Batu Akik Warna Pink: Pilihan Terbaik Wanita

BACA JUGA:Makin Cantik! Ini Tips Merawat Batu Akik dan 5 Batu Paling Disukai

Bukti nyata jenis batu akik Jadeite. Batu akik ini sudah dikenal memiliki kekerasan dan kepadatan tertinggi dari seluruh jenis batu akik. Dengan kualitas yang tinggi tersebut, maka batu akik Jadeite dihargai sangat fantastis Rp 180 miliar lebih.

2. Keindahan Batu Akik

Batu akik yang memiliki ukuran keindahan tertentu juga menentukan harga dan nilai di pasaran gemstone. Keindahan ini bisa meliputi banyak hal dan sudut pandang dari pencinta batu akik itu sendiri. 

Ada yang menyebutkan aneka motif batu akik seperti gambar orang terkenal, rumah ibadah, angka keramat, atau motif yang lainnya. Kesemua motif itu dianggap mempunyai nilai dan harga tersendiri.

BACA JUGA:7 Batu Permata Paling Keras di Dunia, Batu Akik hanya Masuk Kelas Batu Permata Setengah Mulia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: