HONDA

Menghangatkan! Ini 5 Minuman Tradisional Indonesia yang Menyehatkan Tubuh, Berbahan Baku Tanaman Serai

Menghangatkan! Ini 5 Minuman Tradisional Indonesia yang Menyehatkan Tubuh, Berbahan Baku Tanaman Serai

Berbahan baku tanaman serai, ini 5 minuman tradisional Indonesia yang menyehatkan tubuh.--Foto: Facebook.com/Minumanlovers

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Saat cuaca dingin, konsumsi minuman yang menghangatkan bisa menjadi pilihan. Seperti 5 minuman tradisional Indonesia yang menyehatkan tubuh, berbahan baku tanaman serai ini.

Mungkin sudah banyak yang tahu dengan tanaman serai, tanaman yang memiliki nama latin Cymbopogon citratus atau sering juga disebut Cymbopogon nardus yang merupakan tumbuh-tumbuhanan yang masuk ke dalam famili rumput-rumputan atau Poaceae.

Indonesia memiliki kondisi alam yang mendukung banyaknya jenis tanaman rempah-rempah yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. 

Kebanyakan masyarakat Indonesia sering memanfaatkan rempah-rempah sebagai penyedap makanan, pemberi aroma pada masakan, sampai menjadikan bahan minuman herbal untuk kesehatan.

BACA JUGA:Ini ! 10 Filosofi Sarat Makna Terkandung dalam Kopi Jawa, Bukan Sekadar Minuman Populer

Adapun salah satu jenis rempah yang sering dipakai untuk bahan minuman ialah tanaman serai. 

Mengutip dari berbagai sumber serai atau sering disebut juga sereh memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin B9, magnesium, zat besi, kalium, fosfor, dan juga kalsium. 

Karena memiliki nutrisi sebanyak itu, Tanaman serai sering dipilih sebagai salah satu bahan pembuat minuman herbal. 

Terdapat beberapa minuman tradisional di Indonesia yang memakai atau memanfaatkan bahan tanaman serai, antara lain: 

BACA JUGA:Ini Asal Usul Kopi ! Minuman Orang Islam Kedai Kopi Pertama di Dunia Ada di Mekah

1. Sarabba

Mengutip dari situs kemdikbud.go.id, sarabba merupakan olahan rempah yang terkenal di Kota Makassar, ada satu daerah di Jalan Sungai Cerekang kota Makassar, yang mana sepanjang 1 kilometer yang menjual Minuman sarabba ini. 

Diketahui Sarabba ini terbuat dari beberapa bahan seperti jahe, serai, kayu manis, gula merah, merica bubuk, santan, dan juga air. 

Minuman Sarabba sering dimanfaatkan untuk meredakan serak tenggorokan, mengembalikan stamina, menyembuhkan flu, dan juga untuk menghangatkan tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: