HONDA

Ibu Hamil Wajib Tahu! Ini 8 Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

Ibu Hamil Wajib Tahu! Ini 8 Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

Ibu Hamil Wajib Tahu! Ini 8 Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil--Foto: Freepik.com/Freepik

BACA JUGA:WOW! Tidak Cuma Enak dan Segar, Ini 10 Manfaat Buah Markisa untuk Ibu Hamil

Saat memindahkan posisi ke miring, pastikan kaki ditekuk dan diganjal bantal. Hal ini dapat memberikan bayi lebih banyak ruang untuk bergerak dan mencegah sendi pinggul sakit.

Posisi tidur miring kiri dapat mengoptimalkan aliran darah ke plasenta dan janin dan dapat mengurangi kompresi vena cava inferior yang membawa darah ke jantung ibu dan janin.

Selain itu, posisi ini juga cukup nyaman saat perut sudah mulai membesar dan bisa mencegah bayi sungsang.

4. Posisi tidur miring kanan

BACA JUGA:Bolehkah Ibu Hamil Makan Pizza? Inilah 9 Dampak Fast Food pada Ibu Hamil

Posisi miring kanan masih aman dilakukan saat hamil muda atau perut belum membesar. Bila memilih tidur di posisi ini, baiknya sering berganti posisi menyamping ke kiri.

Tidur di posisi miring kanan terlalu lama mungkin nyaman, tapi bisa memperburuk rasa mulas. Ketika perut sudah besar,  Anda juga tidak disarankan tidur dengan posisi miring kanan.

Selain itu, di kanan tubuh terdapat hati yang juga bisa ditekan saat posisi tidur miring kanan. Semakin besar kehamilan, tekanan yang dirasakan ketika tidur miring kanan dapat berbahaya dan menyebabkan merasa enggak nyaman.

5. Posisi tidur bersandar

BACA JUGA:Normalkah Stretch Mark Pada Ibu Hamil? Simak 10 Tips Merawat Kulit Saat Hamil Ini

Posisi tidur bersandar dapat dilakukan bila merasa tidak nyaman tidur menyamping. Dalam posisi ini, hanya perlu bantal sebagai penopang.

Caranya dengan meninggikan bantal, kemudian tidur dengan cara bersandar pada bantal tersebut. Jika ingin lutut terasa lebih nyaman, bisa meletakkan beberapa bantal di bawahnya.

6. Posisi tidur hamil 7-9 bulan

Posisi tidur saat usia kehamilan 7- 9 bulan yang baik adalah miring kiri. Menurut American Pregnancy, tidur miring ke kiri akan meningkatkan jumlah darah dan nutrisi yang mencapai plasenta dan janin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: