HONDA

Ibu Hamil Wajib Tahu! Ini 8 Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

Ibu Hamil Wajib Tahu! Ini 8 Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

Ibu Hamil Wajib Tahu! Ini 8 Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil--Foto: Freepik.com/Freepik

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Kehamilan dapat mengubah pola tidur menjadi tidak teratur. Kebanyakan ibu hamil sering terbangun di malam hari karena rasa tidak nyaman di tubuhnya.

Perubahan pola tidur ini wajar terjadi selama masa kehamilan. Di trimester pertama, penyebabnya bisa karena faktor hormonal. Sedangkan, di trimester kedua dan ketiga bisa terjadi karena perut yang mulai membesar.

Anda dapat tidur dengan nyaman bila memposisikan tubuh dengan benar. Melansir dari berbagai sumber, ada beberapa posisi tidur yang disarankan selama hamil sesuai kondisi dan usia kehamilan. Simak yuk!

1. Posisi tidur tengkurap saat hamil muda

BACA JUGA:WOW! Ini Dia Camilan Bernutrisi Ibu Hamil, 5 Manfaat Kolang-kaling untuk Kehamilan

Posisi tidur tengkurap masih dapat dilakukan dari awal kehamilan hingga usia 16 minggu. Setelah usia kehamilan ini, sebaiknya tidak tidur dengan posisi tengkurap lagi.

Tidak perlu khawatir tidur tengkurap di awal kehamilan. Pada masa ini, dinding rahim dan cairan ketuban cukup aman melindungi janin dari tekanan meski tidur tengkurap.

2. Posisi tidur telentang

Posisi tidur telentang masih aman dilakukan di awal kehamilan saat perut belum membesar atau usia kandungan belum 12 minggu.

BACA JUGA:Mitos atau Fakta: Apakah Ibu Hamil Sebaiknya Hindari Duduk di Depan Pintu? Ini Penjelasannya

Sebelum usia kehamilan 12 minggu, masih aman dengan semua posisi tidur. Namun, jika usia kehamilan sudah bertambah, tidur telentang dan tengkurap dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.

Saat perut sudah mulai membesar, carilah posisi lainnya. Posisi tidur telentang dapat menyebabkan sakit punggung, masalah pernapasan, gangguan pencernaan dan penurunan sirkulasi darah.

3. Posisi tidur miring kiri

Anda dapat tidur dengan posisi miring kiri saat perut sudah mulai membesar. Para ahli berpendapat, tidur miring kiri dengan bantal menopang perut adalah posisi tidur yang disarankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: