HONDA

3 Dampak yang Wajib Diwaspadai Saat Musim Penghujan, Hati-Hati untuk Lokasi Rawan Banjir !

3 Dampak yang Wajib Diwaspadai Saat Musim Penghujan, Hati-Hati untuk Lokasi Rawan Banjir !

dampak bencana banjir bagi warga, waspada musim penghujan bisa banjir, lokasi rawan banjir diguyur hujan deras, musim penghujan bikin warga di lokasi rawan banjir panik--Foto: Instagram.com/Curup_kito

BACA JUGA:Diguyur Hujan Lebat, Pengunjung Wisata Sungai Trokon Curup Diperingatkan Bahaya Banjir Bandang

Banjir yang besar berdampak besar pada perekonomian warga sekitar, apalagi bajir sudah diatas rumah penduduk. Tentunya kelumpuhan perekonomian siap-siap terjadi.

Aktivitas warga menjadi susah hingga pakaian, perabotan dan lainnya tergenang oleh banjir. Dampak tersebut akan membuat warga terhenti melakukan usaha bahkan bisa jadi usahanya rusak akibat banjir. 

Lokasi yang rawan banjir ini warga akan bersikap pasrah atas dampak banjir yang menyerang mereka ini. Semua bencana alam pasti berhubungan dengan kelumpuhan perekonomian masyarakat yang terkena bencana. 

2. Air Bersih

BACA JUGA:Musim Hujan, Masyarakat Diminta Jangan Buang Sampah Sembarangan, Antisipasi Banjir dan Penyakit

Banjir akan menyebabkan air bersih sulit dicari untuk warga yang terkena bencana. Wilayah akan menjadi kotor akibat air banjir yang menggenang. 

Sedangkan kehidupan manusia tidak bisa lepas dari air bersih untuk minum, mandi, mencuci dan lain sebagainya. 

Lokasi yang terkena rawan banjir pasti merasakan dampak yang terjadi ini, untuk itu harus diwaspadai bahaya banjir ini. 

3. Kesehatan

BACA JUGA:6 Kecamatan di Rejang Lebong Waspada Banjir dan Longsor

Dampak lainnya yakni adalah kesehatan, banjir akan berdampak langsung pada kesehatan warga yakni seperti saluran pencernaan, sakit pilek dan batuk yang disertai demam, diare, penyakit kulit dan bahaya penyakit lainnya. 

Banjir dengan genangan air juga dapat memimbulkan nyamuk yang menyebabkan penyakit berbahaya lainnya yakni demam berdarah. Untuk itu perlu melakukan tindakan preventif yang dapat mencegah segala sesuatu yang berkaitan dengan dampak penyakit yang ditimbulkan. 

Malah bisa jadi banjir menimbulkan korban jiwa, siapa yang bisa menentang takdir ketika hujan deras air bah meluap hingga terseret dan bisa menewaskan seseorang. 

Untuk itu jagalah kebersihan lingkungan sekitar yang lokasinya rawan dengan banjir, karena dampak yang ditimbulkan sangat tidak baik bagi kehidupan manusia dan ekosistem lainnya yang wajib diwaspadai oleh warga untuk bergotong royong. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: