HONDA

3 Dampak yang Wajib Diwaspadai Saat Musim Penghujan, Hati-Hati untuk Lokasi Rawan Banjir !

3 Dampak yang Wajib Diwaspadai Saat Musim Penghujan, Hati-Hati untuk Lokasi Rawan Banjir !

dampak bencana banjir bagi warga, waspada musim penghujan bisa banjir, lokasi rawan banjir diguyur hujan deras, musim penghujan bikin warga di lokasi rawan banjir panik--Foto: Instagram.com/Curup_kito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Di berbagai daerah Indonesia saat ini sedang dilanda hujan deras. Maka itu, baik untuk hati-hati bagi lokasi rawan banjir dan kenali dampak yang wajib diwaspadai pada saat musim penghujan ini. 

Musim penghujan seringkali menimbulkan beragam perubahan cuaca yang ekstrem mulai dari hujan lebat hingga banjir bandang.

Tidak bisa dipungkiri akibat dari cuaca ekstrem ini dapat menimbulkan dampak yang serius terhadap lingkungan sekitar, yang tentunya berimbas pada kehidupan manusia dan ekosistem lainnya. 

Meningkatkan kewaspadaan terhadap lokasi yang rawan banjir dan mengenai dampak yang wajib diwaspadai pada saat sekarang.

BACA JUGA:Pemkab Rejang Lebong Fokus Bahas Penanggulangan, Potensi, dan Dampak Bencana Longsor serta Banjir

Salah satu penyebab yang terjadi pada lokasi yang rawan banjir yakni ketika hujan deras penyerapan air (drainase) yang ada dilingkungan buruk sehingga tidak bisa menampung kelebihan air, hingga dampak tersebut wajib diwaspadai pada musim pengujan. 

Drainase ini faktor penting dimiliki oleh rumah atau daerah anda tinggal dan tentunya wajib dibersihkan untuk kelancaran penyerapan air yang berlebihan saat hujan deras datang. 

Maka dari itu langkah-langkah harus dipersiapan dan melakukan pencegahan diantaranya dengan memperbaiki sistem drainase serta infrastruktur yang berkaitan dengan pengelolaan air. 

Lokasi yang rawan timbul banjir di berbagai wilayah Indonesia, dan dampak yang wajib diwaspadai dalam musim penghujan ini harus benar-benar dilakukan evakuasi dini saat melihat potensi terjadinya bencana. 

BACA JUGA:Banjir Bandang di Rejang Lebong Jembatan Talang Benih dan Sawah Terdampak, Kerugian Ditaksir Rp1,5 Miliar

Musim hujan membawa berbagai risiko maka dari itu harus timbul kesadaran untuk kebersihan lingkungan sekitar. 

Tindakan preventif menjadi pedoman dalam menghadapi ancaman cuaca ekstrem yang ditimbulkan oleh hujan deras dengan menyiapkan langkah-langkah yang tepat kita dapat mengurangi dampak buruk yang akan timbul.

Lokasi rawan banjir memiliki 3 dampak yang wajib diwaspadai pada saat cuaca musim penghujan tiba, diantaranya:

1. Melumpuhkan Perekonomian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"