HONDA

Musim Hujan, Masyarakat Diminta Jangan Buang Sampah Sembarangan, Antisipasi Banjir dan Penyakit

Musim Hujan, Masyarakat Diminta Jangan Buang Sampah Sembarangan, Antisipasi Banjir dan Penyakit

Musim Hujan, Masyarakat Diminta Jangan Buang Sampah Sembarangan, Antisipasi Banjir dan Penyakit--Badri/rakyatbengkulu

CURUP, RAKYATBENGKULU.COM - Memasuki musim penghujan yang identik dengan bencana banjir, tanah longsor, penyakit pergantian musim serta demam berdarah, Kodim 0409 Rejang Lebong berserta pemerintah daerah melakukan Jumat bersih di Pasar atas Curup.

Tak kurang 350 personil gabungan dari TNI-Polri, Dinas Lingkungan Hidup, pemerintahan daerah serta elemen masyarakat melakukan aksi bersih-bersih.

Kegiatan karya bakti TNI dalam rangka HUT Kodam II/Sriwijaya ini digelar Jumat 8 Desember 2023 sekira pukul 08.00 WIB.

"Tujuannya untuk mengantisipasi bencana banjir dan munculnya wabah penyakit. Sekaligus menciptakan lingkungan pasar bersih dan sehat sehingga membuat pembeli merasa nyaman berbelanja Pasar Atas Curup,'' ungkap Dandim, Letkol Inf Renaldy.

BACA JUGA:Kodim 0409 Rejang Lebong Bakal Jalankan Program Sapu Bersih di Pasar Atas Curup

Disebutkan Dandim, edukasi kebersihan di lingkungan masyarakat dilakukan sehingga meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan. Karena saat ini sedang musim penghujan, maka volume sampah di seputaran pasar jadi bertambah. 

''Bersih-bersih ini akan kita lakukan secara rutin. Target kita adalah lingkungan pasar ini bersih. Jadi, bukan target waktu, termasuk drainase yang tersumbat sehingga tidak terjadi genangan air ataupun banjir karena luapan air drainase yang tersumbat,'' papar Dandim. 

Targetnya bukan hanya sampah-sampah yang berserakan di dekat lapak pedagang sayur-sayuran, ikan dan los pedagang saja.

Melainkan juga tumpukan sampah di bak penampungan sampah juga dibersihkan dan dimasukan ke dalam karung juga ke gerobak serta truk sampah. Sampah yang menyumbat siring atau drainase juga dibersihkan.

BACA JUGA:TNI-Polri, Satpol dan BPBD, DLHK dan OPD Bersihkan Pasar dan Tanam Pohon, Antisipasi Musim Hujan

Terkait kurangnya sarana dan prasarana pendukung pengelolaan sampah di Pasar Atas. Seperti kurangnya sarana tempat penampungan sementara (TPS) berupa container dan bak sampah kecil-kecil, memicu bertebaran dan bertumpuknya sampah.

''Kita minta dinas terkait dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup untuk menyiapkan sarana dan prasarananya. Seperti penambahan container dan bak sampah kedepannya.

Namun yang paling penting adalah kesadaran masyarakat tidak membuang sampah sembarangan dan budaya hidup sehat dengan konsep gotong royong terhadap lingkungan sendiri,'' singkat Bupati Rejang Lebong, Dra. H Syamsul Effendi MM.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"