HONDA

Rejang Lebong Anggarkan Dana Rp2,3 Miliar untuk Seragam Gratis SD dan SMP

Rejang Lebong Anggarkan Dana Rp2,3 Miliar untuk Seragam Gratis SD dan SMP

Rejang Lebong Anggarkan Dana Rp2,3 Miliar untuk Seragam Gratis SD dan SMP--Badri/rakyatbengkulu.com

CURUP,RAKYATBENGKULU.COM - Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong menganggarkan dana sebesar Rp2,3 miliar untuk pengadaan seragam gratis bagi siswa baru kelas 1 dan 7 tahun ini. Anggaran ini naik dari sebelumnya yang hanya diangka Rp1,6 miliar.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rejang Lebong, Reza Pahlevi, anggaran tersebut mencerminkan visi dan misi pemerintah daerah. 

Total diperkirakan mencapai lebih dari 9.000 siswa pada tahun ajaran 2023-2024 yang akan menerima seragam gratis.

Angka ini juga naik dari tahun sebelumnya yang hanya 8.400 siswa. Tahun ini pun siswa dari MI dan MTS juga akan menerima seragam gratis.

BACA JUGA: Dewan Pertanyakan Seragam Gratis SD dan SMP

"Pada tahun ini usulan masyarakat bahwa seragam gratis ini tidak hanya untuk siswa baru SD dan SMP saja dipenuhi oleh Pemkab Rejang Lebong, sehingga tahun ajaran baru 2023-2024 tidak hanya siswa baru SD dan SMP saja yang akan mendapatkan seragam gratis dengan sumber anggaran APBD," ungkapnya.

Disebutkan Reza, proses pendataan siswa baru dilakukan pada bulan Juni dan Juli, disesuaikan dengan data Dapodik siswa kelas 1 dan 7.

Sehingga jumlah siswa baru SD dan SMP sederajat ini sesuai dengan hitungan untuk pengadaan seragam gratis putih merah dan putih biru.

"Pengadaan dan distribusi seragam gratis akan diatur sesuai regulasi dan peraturan bupati. Pengadaan seragam akan melibatkan lelang dengan sistem e-katalog, memastikan kualitas bahan pakaian yang baik untuk pemakaian jangka panjang," terangnya.

BACA JUGA:Pelajar SD dan SMP Dijamin dapat Seragam Gratis

Meski anggaran meningkat, kebijakan ini diharapkan memberikan manfaat positif bagi pendidikan di Kabupaten Rejang Lebong. Sekaligus mendukung kelancaran proses belajar mengajar siswa baru.

"Kita ketahui bersama bahwa pengadaan seragam gratis bagi siswa baru kelas 1 dan 7, SD serta SMP sederajat ini merupakan visi dan misi Pemkab Rejang Lebong untuk membantu mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara," demikiannya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"