BANNER KPU
HONDA

6 Manfaat Sinar Matahari Pagi untuk Kesehatan, Ini Waktu yang Tepat dan Cara Berjemur yang Benar

6 Manfaat Sinar Matahari Pagi untuk Kesehatan, Ini Waktu yang Tepat dan Cara Berjemur yang Benar

Ini waktu yang tepat dan cara berjemur yang benar, serta 6 manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan.--Ilustrasi freepik.com/lookstudio

BACA JUGA:Bebas dari Nasib Buruk, Ini 5 Shio Pemilik Harta Berlipat Ganda Usai Imlek 2024

Penggunaan tabir surya juga penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kerusakan kulit dan peningkatan risiko kanker kulit.

Manfaat lain dari sinar matahari pagi yakni meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh,  menjaga kesehatan tulang.

Lalu, memperbaiki kualitas tidur, mengurangi risiko depresi, mengatasi penyakit kulit, menurunkan risiko penyakit kanker, serta meningkatkan fungsi otak.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal saat berjemur sinar matahari pagi dan memperoleh vitamin D, lakukan hal berikut:

BACA JUGA:XL Axiata Jaga Kualitas Jaringan Selama Pemilu 2024, Bakal Terjadi Peningkatan Trafik Sekitar 10 Persen

- Pilih waktu yang tepat: Berjemurlah pada pagi hari sebelum jam 10 untuk meminimalkan risiko paparan sinar ultraviolet yang berbahaya.

- Durasi yang cukup: Berjemur selama 5–15 menit, 2–3 kali seminggu, dapat membantu produksi vitamin D tanpa risiko berlebihan.

- Kulit terbuka: Pastikan sebagian besar kulit terkena sinar matahari. Misalnya, cukup berjemur wajah, tangan, dan lengan.

- Tidak menggunakan tabir surya: Saat berjemur dalam waktu singkat, sebaiknya tidak menggunakan tabir surya agar tubuh dapat menghasilkan vitamin D dengan optimal.

BACA JUGA:Mirip Selasih, Ini Dia 7 Manfaat Super Food Chia Sheed Bagi Kesehatan, Apa Saja?

- Konsultasi dengan dokter: Jika memiliki kondisi kesehatan tertentu atau perlu berjemur dalam waktu yang lebih lama, konsultasikan dengan dokter untuk panduan yang sesuai.

Juga walaupun memiliki beragam manfaat untuk tubuh, tetapi ada berapa hal yang harus dilakukan sebelum berjemur di sinar pada pagi hari yaitu : 

1. Lakukan hanya selama 5-15 menit setiap kali berjemur dari frekuensi 2-3x seminggu

2. Hindari berjemur di atas jam 10 pagi dikarenakan berisiko meningkatkan kemungkinan terjadinya kanker kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: