HONDA

10 Manfaat Mendaki Gunung untuk Kesehatan Tubuh, Ketahui Juga Persiapan Matang untuk Melakukan Pendakian

10 Manfaat Mendaki Gunung untuk Kesehatan Tubuh, Ketahui Juga Persiapan Matang untuk Melakukan Pendakian

10 Manfaat Mendaki Gunung untuk Kesehatan Tubuh, Ketahui Juga Persiapan Matang untuk Melakukan Pendakian--Foto: Freepik.com/vecstock

BACA JUGA:Nikmati Air Tejun dan Kawah Air Panas Saat Mendaki Bukit Hitam, Pilihan Pas Liburan Akhir Tahun

6. Meningkatkan kualitas tidur, karena membuat tubuh lebih lelah dan rileks, serta mengatur ritme sirkadian yang dapat mempengaruhi siklus tidur dan bangun.

7. Menurunkan berat badan, karena membakar banyak kalori dan lemak, serta meningkatkan metabolisme tubuh.

8. Menyegarkan pikiran, karena memberikan kesempatan untuk berhubungan dengan alam, menikmati pemandangan yang indah, dan melupakan kepenatan dan hiruk pikuk kota.

9. Meningkatkan keterampilan koordinasi, karena memerlukan keseimbangan, navigasi, dan penggunaan peralatan yang tepat di medan yang berbatu atau berair.

BACA JUGA:Mendaki Bukit Kaba, Rekomendasi Wisata Populer di Bengkulu untuk Libur Akhir Tahun, Rasakan Sejuta Pesonanya

10. Meningkatkan ketahanan mental, karena mengatasi tantangan, risiko, dan keadaan darurat yang mungkin terjadi saat mendaki gunung.

Nah, itulah 10 manfaat mendaki gunung untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan.

Meski mendaki gunung memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa untuk tubuh, perlu diingat jika mendaki gunung adalah olahraga yang melibatkan aktivitas fisik.

Untuk itu sebelum melakukan olahraga ini, perlu ada persiapan matang yang wajib dilakukan.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Gunung di Sumatera yang Cocok Jadi Destinasi Wisata Mendaki Saat Libur Tahun Baru

Untuk melakukan pendakian gunung dengan aman dan nyaman serta manfaat kesehatan dapat diperoleh secara optimal, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal penting.

Diantaranya yakni menyiapkan perlengkapan pendakian seperti tas carrier, tenda, sleeping bag, matras tidur, alat masak, bahan bakar, peralatan memasak dan makan serta peralatan pribadi.

Selain itu persiapkan makanan yang cukup dan bergizi untuk seluruh perjalanan, serta cukup air minum atau cara untuk mendapatkan air bersih di perjalanan.

Mendaki gunung tidak hanya sekedar olahraga yang sembarangan, sebagai salah satu persiapan Anda perlu memahami rute pendakian dan persiapkan peta serta kompas untuk navigasi yang aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: