HONDA

Dana BOS Dikbud Rejang Lebong Tembus Rp42 Miliar, Dorongan Penting bagi Pendidikan Lokal

Dana BOS Dikbud Rejang Lebong Tembus Rp42 Miliar, Dorongan Penting bagi Pendidikan Lokal

Dorongan penting bagi pendidikan lokal, dana BOS Dikbud Rejang Lebong tembus Rp42 miliar.--Badri/rakyatbengkulu.com

CURUP, RAKYATBENGKULU.COM - Dalam rangka mendukung pendidikan, Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, sukses meraih dana bantuan operasional sekolah (BOS) Tahun 2024 sebesar Rp 42 miliar.

Kepala Satuan Kerja Dana BOS Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Rejang Lebong, Hanapi, menjelaskan bahwa Dana BOS tersebut akan disalurkan ke TK, PAUD, SD, dan SMP di kawasan tersebut.

"Hibah BOS untuk SD dan SMP sejumlah Rp 38 miliar, sementara untuk TK dan PAUD sebesar Rp 4 miliar. Dana untuk TK dan PAUD disebut sebagai bantuan operasional penyelenggara (BOP), sementara untuk SD dan SMP disebut dana BOS," kata Hanapi.

Hanapi menambahkan bahwa penerima dana BOP dan BOS meliputi semua lembaga pendidikan yang telah terverifikasi dalam data pokok pendidikan (Dapodik).

BACA JUGA:Update! 25 Caleg untuk DPRD Lebong: PAN, Golkar dan Demokrat Kursi Pimpinan

"Proses pencairan dana BOP dan BOS melibatkan tahapan bimbingan teknis (bimtek). Setelah itu, persyaratan pencairan akan dipersiapkan oleh sekolah untuk dicairkan antara akhir Februari dan awal Maret ini," jelas Hanapi.

Sementara itu, penyaluran dana BOS akan dilakukan dalam dua tahap, dengan tahap awal mencapai Rp 19 miliar. Hanapi juga menekankan pentingnya penggunaan dana tersebut secara efektif, sebagai pendukung kegiatan belajar mengajar di masing-masing sekolah.

"Terkait penggunaan dana, ada perubahan kebijakan untuk Tahun 2024, di mana setidaknya 15 persen anggaran harus dialokasikan untuk pembelian buku. Selain itu, penggunaan dana BOS untuk pengangkatan kembali tenaga honorer harus diminimalisir," ungkap Hanapi.

Dengan dukungan dana ini, diharapkan mutu pendidikan di Kabupaten Rejang Lebong dapat terus meningkat, memberikan dampak positif bagi kemajuan masyarakat setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"